Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar

20

Ketika mengemudikan mobil, pernahkah mengalami pedal rem bergetar saat diinjak? Jika ya, hal tersebut mengindikasikan ada yang bermasalah pada komponen rem yang harus diganti.
Getaran pada pedal rem patut untuk diwaspadai , karena rem merupakan salah satu bagian yang penting dalam mobil. Jika hal tersebut tidak segera ditangani, bukan hanya tidak nyaman, tetapi bisa membahayakan bagi keselamatan penumpang.

Perlu diketahui, bahwa pedal rem mobil bergetar dikarenakan permukaan disc brake yang tidak rata. Ketika kanvas rem menjepit cakram , impitan ke komponen tidak merata. Dan hal inilah yang memicu getaran bisa terasa sampai ke pedal. Selain itu, kondisi semacam ini juga akan mengakibatkan fungsi rem menjadi kurang maksimal sehingga ketika digunakan untuk menghentikan laju kendaraan menjadi berkurang. Permukaan disc brake yang tidak rata biasanya terjadi dikarenakan kurangnya perawatan. Efektifnya, pemilik harus melakukan pemeriksaan dan juga membersihkan cakram rem, sedikitnya satu kali setiap 10 000 kilometer.

Hal samacam ini harus dilakukan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kanpas rem. Jika tidak dibersihkan secara rutin, kotoran yang keras atau kasar akan menggores permukaan disc brake ketika dijepit oleh kanvas rem.
Apalagi disc brake yang sudah bergelombang dan dibiarkan secara terus menerus maka akan menimbulkan kanvas rem cepat aus. Namun berbeda dengan disc brake yang masih tebal, jika menemukan gejala bergetar cukup diatasi dengan melakukan pembubutan hingga rata. Dan akan lebih bagus lagi jika digantikan dengan disc brake yang baru agar bisa bekerja secara maksimal.

Selain itu getaran pada pedal rem juga bisa disebabkan oleh kanvas rem yang kurang bagus. Jika memang itu yang terjadi agar diganti dengan kanvas rem yang orisinal. (E-002)***