Simulasi Penganggulangan Bencana Bandara Husein Sastranegara

2

Untuk meningkatkan profesional prajuritnya, Lanud Husein Sastranegara menggelar latihan bersama dalam penanggulangan keadaan darurat pesawat, di  landasan bandara Husen Sastranegara, Bandung, kamis siang. Dalam simulasi tersebut, diceritakan tim personel Lanud Husen Sastra Negara berjibaku menyelamatkan penumpang dalam sebuah pesawat yang terbakar.

Puluhan penumpang sebuah pesawat di landasan bandara husein sastranegara, berhamburan keluar menyelamatkan diri, saat  pesawat yang mereka tumpangi terbakar. Petugas pemadam kebakaran dan petugas bandara, langsung mengambil tindakan untuk menyelamatkan penumpang, dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran dan menyelamatkan penumpang dari dalam pesawat.

Kejadian tersebut, merupakan sebuah simulasi yang digelar petugas Lanud Husein Sastranegara, untuk melatih keterampilan semua pihak, yang terlibat di dalam upaya penanggulangan di bandara,serta mencocokan SOP dengan kenyataan di lapangan.

Dalam simulasi tersebut, diceritakan sebuah pesawat dari Denpasar Bali tujuan jakarta, mengalami kebakaran pada salah satu mesinnya. Sang pilot langsung mematikan mesin tersebut, karena api tidak juga padam akhirnya sang pilot meminta bantuan pihak bandara, untuk menanggulanginya dan melakukan penyelamatan untuk 90 penumpang dalam pesawat tersebut.

Simulasi, rutin digelar setiap dua tahun sekali,dengan melibatkan seluruh pihak yang ada dibandara dan pihak lainnya seperti unit ATC, Operasi Bandara, AFC  serta pihak lainnya.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.