Kominfo Targetkan Proyek Palapa Ring Rampung Sebelum 17 Agustus 2019

29

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) optimistis infrastruktur Palapa Ring akan rampung sesuai target, yakni sebelum 17 Agustus 2019, seperti dikutip dari berbagai sumber.

“Optimistis selesai,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti usai menghadiri Pertemuan Nasional Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika se-Indonesia di Wisma Antara, Jakarta, Jumat.

Niken mengatakan pemerintah sedang membuka berbagai akses di semua lini untuk menyatukan seluruh negeri, termasuk pembangunan infrastruktur Palapa Ring.

Pembangunan di sektor barat dan tengah sudah rampung pada 2018, sementara sektor Timur yang meliputi Maluku dan Papua sudah mencapai 96 persen. Salah satu kendala pembangunan di sektor Timur adalah kontur pegunungan yang membuat proses lebih lambat.

Ia berharap infrastruktur itu bisa menghilangkan kesenjangan kecepatan internet antara pulau Jawa dengan tempat lain seperti Papua.

“Itu adalah peran Kominfo dalam menyiapkan infrastruktur untuk menyatukan negeri,” kata dia.

Beberapa hal dibahas dalam forum bertajuk “Peran Kominfo Menyatukan Negeriā€ termasuk cara meningkatkan sinergi antara dinas Kominfo pusat dan daerah hingga upaya memerangi hoaks.

Pertemuan ini dihadiri oleh lebih dari 200 kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dari kabupaten/kota dan provinsi. (C-003/BBS)***