SEKTOR 7 CITARUM HARUM TERUS LAKUKAN NORMALISASI SUNGAI

15

Satuan tugas Citarum Harum Sektor 7, terus lakukan normalisasi sungai dengan cara mengeruk sedimentasi dasar sungai. Normalisasi sungai juga bertujuan untuk mengantisipasi bencana banjir akibat luapan Sungai Citarum yang selalu terjadi di Kabupaten Bandung setiap musim penghujan tiba.

Guna mengembalikan ekosistem Sungai Citarum, satuan tugas Citarum Harum Sektor 7, terus lakukan normalisasi sungai dengan cara mengeruk sedimentasi dasar sungai secara bertahap menggunakan alat berat. Untuk tahun ini satgas Citarum Harum Sektor 7 memiliki 4 sasaran normalisasi yakni di wilayah Andir, Dayeuh Kolot, Rancamanyar, dan Sukamukti. Proses normalisasi ini sudah dilakukan petugas, sejak bulan Mei lalu, hingga bulan November.
Menurut Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Purwadi, pihaknya akan melakukan pengerukan bantaran sungai sepanjang 27 kilometer, dengan proses pengerjaan selama 5 bulan lebih. Proses pengerukan sempat terganggu karena adanya hujan yang membuat debit air sungai Citarum meninggi, sehingga alat berat tidak bisa bekerja secara maksimal.

Normalisasi sungai juga bertujuan untuk mengantisipasi banjir yang selalau merendam pemukiman warga di Kabupaten Bandung akibat meluap nya Sungai Citarum. Meski tidak menjadi jaminan Kabupaten Bandung akan terbebas dari banjir, diharapkan, upaya ini bisa meminimalisir bencana banjir yang rutin terjadi di Bandung Selatan setiap musim penghujan tiba.

REZYTIA PRASAJA, BANDUNG TV.