Satgas Citarum Harum Tutup Paksa Saluran Limbah Siluman

10

Petugas gabungan dari SATGAS Citarum harum sektor 21, DIT RESKRIMSUS Polda Jabar dan Dinas lingkungan hidup Kabupaten Bandung menutup paksa saluran limbah siluman di salah satu pabrik pemintalan benang di kawasan solokan jeruk, Kabupaten Bandung. Penutupan dengan cara di cor tersebut terpaksa dilakukan karena tidak ada itikad baik dari pabrik tersebut, untuk membuat alat instalasi pembuangan air limbah.

Seng Do Tekstil, yang bergerak di bidang pemintalan benang,di kawasan industri solokan jeruk, Kabupaten Bandung didatangi petugas gabungan dari SATGAS Citarum harum sektor 21, DIT RESKRIMSUS Polda Jabar, dan Dinas lingkungan hidup Kabupaten Bandung. Kedatangan petugas gabungan tersebut,untuk menutup sebuah saluran limbah siluman, yang berada di pabrik tersebut.Keberadaan saluran limbah siluman yang seringkali membuang cairan limbah secara langsung ke aliran sungai tersebut, sudah diketahui beberapa waktu lalu, oleh anggota TNI SATGAS Citarum harum yang melakukan patroli. Namun, karena tidak adanya itikad baik dari pihak perusasaan, meski sudah diperingatkan untuk segera membuat alat instalasi pembuangan air limbah  atau ipal, petugas akhirnya menutup paksa dengan cara di cor.

Menurut Perwira seksi SATGAS Citarum harum sektor 21, Letda Infanteri Saniyo, terdapat dua titik yang dilakukan penutupan secara paksa dengan cara di cor, yakni di bak pembuangan bagian dalam pabrik, dan di pipa saluran bagian luar, yang langsung mengalir ke aliran sungai.untuk sementara waktu, pabrik yang bersangkutan tidak boleh beroperasi sampai memiliki alat ipal.

Sementara itu, pihak pabrik mengakui kesalahannya dan menerima keputusan dari SATGAS Citarum harum, untuk menutup saluran limbah siluman di pabrik tersebut. pihaknya juga berjanji untuk selanjutnya akan segera menyediakan alat ipal agar bisa kembali beropersi.

Patroli saluran limbah siluman,akan terus dilakukan oleh Tim SATGAS Citarum harum. Karena selain di kawasan tersebut, diduga masih terdapat beberapa saluran limbah siluman,yang membuang limbah cair secara langsung ke aliran sungai.

Rezytia Prasaja, Bandung TV.,