Perang Vietcong Selama 17 Tahun Foto Memilukan dan Kecerdikan Bangsa Vietnam

11228

Kota yang luas dan cantik dengan lampu-lampu  yang tertata rapi di sudut-sudut kota membuat kita berdecak kagum dengan kemajuan Ho Chi Minh City Vietnam atau di masa lampau lebih dikenal dengan nama Saigon. Padahal, sekitar setengah abad lalu Ho Chi Minh City merupakan tempat berkecamuknya perang Vietnam. Kota ini luluh lantak, porakporanda akibat perang  tersebut.

Nama Ho Chi Minh City sendiri diambil dari nama seorang pemimpin nasionalis Vietnam yang hidupnya sederhana namun penuh semangat dan punya kemampuan luar biasa untuk memerdekakan Vietnam. Pembangunan di banyak sektor mulai dari bisnis sampai prasarana kota termasuk pembangunan sarana transportasi umum, antara lain pembuatan jalur kereta bawah tanah. Bisa dibayangkan begitu cepatnya Vietnam  bangkit membangun negerinya setelah sempat terpuruk karena perang yang berkepanjangan dengan Amerika Serikat.

Kisah tentang perang Vietnam yang berlangsung antara tahun 1958 sampai 1975  menjadi bagian sejarah kelam negeri Paman Ho, panggilan akrab Ho Chi Minh.

Selama ini kisah tentang keganasan perang gerilya antara pejuang Vietnam yang disebut Vietcong melawan keperkasaan prajurit atau tentara dari negara adidaya Amerika Serikat hanya kita dapat saksikan melalui film – film Hollywood yang berlatar belakang cerita Perang Vietnam. Nah, di Ho Chi Minh City, tepatnya di War Remnants Museum, kita bisa melihat foto-foto memilukan tentang kekejaman, penderitaan, sekaligus kecerdikan bangsa Vietnam saat berperang.

Sekitar 1,5 jam waktu perjalanan keluar Ho Chi Minh City, kita bisa melihat langsung bukti kepiawaian taktik pertempuran para pejuang Vietcong saat mengunjungi Chu Chi Tunnel, sebuah terowongan dalam tanah sepanjang 200 kilometer (km) yang dimensi terowongannya (pintu masuk-red) hanya cukup untuk dilewati satu orang saja. Terowongan ini selain menjadi tempat persembunyian Vietcong, juga menjadi jalur yang menghubungkan Chu Chi dengan kota lainnya.

Di dalam terowongan terdapat dapur umum, tempat pembuatan senjata, hingga rumah sakit untuk pengobatan darurat pejuang Vietcong yang terluka. Uniknya, walaupun di dalam terowongan Chu Chi terdapat banyak jalur, tapi tidak ada peta yang dibuat mengenai Chu Chi ini, karena itu semua pejuang Vietcong harus menghafal di luar kepala jalur yang benar menuju tempat persembunyian. Hal ini dilakukan agar pasukan Amerika tidak dapat menemukan tempat persembunyian mereka.

Masih di area Chu Chi, bisa dilihat sisa-sisa perangkap ranjau yang dibuat Vietcong untuk menjebak lawannya. Ngeri rasanya sekedar untuk membayangkan bagaimana nasib tentara Amerika yang terkena jebakan Vietcong. Tidak mengherankan kalau terdengar cerita banyak veteran perang Vietnam yang konon menjadi stres berat sekembalinya dari peperangan.

(Diah dari Vietnam) ***