Dari Pantai Legok Jawa Menikmati Laut Lepas Samudera Hindia

49

Pantai Legok Jawa secara administratif berada di wilayah Desa Legok Jawa,Kecamatan Cimerak,Kabupaten Pangandaran.Untuk mencapai lokasi dari Pangandaran lebih kurang tiga kilometer dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.Bila tidak mmembawa kendaraan pribadi ada beberapa alternatif moda transportasi umum kesana , mobil rental , elf atau bis kecil. Pantai ini memiliki karakteristik unik,yakni gelombang besar serta pusaran air yang cukup banyak , karena pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Di wilayah ini terdapat perbuktan yang berada di sebelah utara pantai. Perbukitan ini memanjang sepanjang pantai dengan vegetasi tanaman berupa pepohonan rindang,topografi kawasan pantai tepiannya cukup datar dan turun memanjang.Pantai ini meski memiliki gelombang tinggi, namun memiliki banyak pesona,keindahan i pantai sangat kentara dengan adanya kawasan perbukitan.Aktivitas yang banyak dilakukan oleh pelancong ialah menikmati keindahan alam serta bermain pasir.Untuk aktivitas di kawasan laut cukup berbahaya mengingat besarnya gelombang,namun untuk sekedar menikmati air tanpa berenang bisa saja.Satu hal yang pasti harus tetap waspada adalah gelombang besar yang sewaktu waktu menerjang.Keunikan di tempat ini selain kawasan pantai , ialah mercusuar setinggi kurang lebih 50 meter.Untuk menaiki mercusuar ini kita harus meminta izin kepada petugas,anak tangga untuk mencapai puncak mercusuar sangat menguras tenaga.Oleh karena itu bila ingin menaikinya siapkan stamina cukup agar tidak kedodoran.Pemandangan dari puncak mercusuar sangat cantik mempesona sepanjang mata memandang kita disuguhi pemandangan alam menakjubkan.

Selain mercusuar tidak jauh dari kawasan pantai kita bisa melihat arena pacuan kuda yang pernah di pakai sebagai arena pacuan kuda pekan olahraga nasional beberapa waktu lalu. Segenap potensi dikawasan Legok Jawa ini tidak pelak merupakan aset wisata yang perlu dikembangkan agar bisa mendatangkan keuntungan bagi masyarakat sekitar. Bagi kalangan pecinta fotografi kawasan Legok Jawa merupakan tempat berburu pemandangan yang tidak membosankan.Mereka bisa dengan mudah mengeksplorasi keindahan alamnya.Sebagai penutup menikmati kawasan Legok Jawa jangan lewatkan momen ketika matahari terbenam.Menurut para pelancong suasana matahari terbenam di Legok Jawa merupakan salah satu yang terindah di kawasan pantai selatan Jawa Barat.

Fasilitas penunjang wisata telah tersedia di kawasan ini,namuun untuk sarana penginapan tidak selengkap di kawasan Pangandaran.Saran bagi para pelancong ada baiknya menginap di Pangandaran saja karena sarananya cukup lengkap.Namun bagi para pelancong yang ingin menikmati malam dengan berkemah disini tidak ada masalah.tetapi harus diperhatikan kondisi cuaca serta hembusan angin dikawasan ini yang cukup kencang. (E-001) ***