Kuliner Unik Khas Banjar Patroman Perpaduan Masakan Sunda dan Jawa

33

Kawasan Banjar Patroman merupakan daerah yang menjadi batas wilayah antara Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah.Karakter kuliner di tempat ini cukup unik karena merupakan perpaduan citarasa masakan Sunda dengan masakan Jawa. Di antaranya masakan ikan sidat dan lubang, ikan ini dibeberapa daerah dikenal dengan sebutan belut.Masyarakat Banjar Patroman mengolah bahan makanan ini menjadi penganan dengan citarasa unik berupa pepes. Salah satu restoran di Kota Banjar yaitu RM Beti sudah lama terkenal sebagai penjual kuliner ini.Jika anda pecinta kuliner sejati wajib mencoba lezatnya kuliner ini, pepes sidat disajikan dengan bumbu khusus, antara lain irisan daun bawang dan daun kemangi.Pepes sidat dan lubang merupakan penganan paling laku , disukai banyak pelancong. Sidat dan lubang hasil tangkapan masyarakat, pengolahanya masih menggunakan cara – cara tradisional. Menikmati pepes ini jadi lebih makyus bila ditambah dengan sambal dan lalapan. Menu lain dari rumah makan Beti adalah goreng burung rawa. Sebelum di goreng burung diungkep terlebuh dahulu,para penikmat goreng manuk kerap menyantap hidangan ini dengan sambak terasi dan lalapan.

Hidangan khas lainnya di Kota Banjar ialah cobek karuhun yang berbahan dasar ikan mas dan gurame yangi disajikan dengan bumbu kacang tanah,bawang merah,bawang putih,cabai rawit,jahe,kencur dan kecombrang.Sensasi pedas dari berbagai macam bumbu membuat para penikmatnya ketagihan bahkan kerap dianalogikan mulut maju mundur saking pedasnya rasa dari ikan cobek tersebut.Kuliner unik lainnya ialah soto bening khas Banjar,bahan dasar soto ini terdiri dari daging ayam dan daging sapi.Untuk kelezatanya tidak usah diragukan lagi perpaduan antara kesegaran bahan makanan menyebakan cita rasa soto ini benar benar beda.

Hidangan lain yang jangan sampai dilewatkan ketika melakukan perburuan kuliner di kawasan Banjar Patroman ialah soto Banyumas Kubangpari.Meskipun awalnya hidangan tersebut berasal dari Banyumas namun telah menjadi salah satu ikon kuliner Banjar.Soto Kubangpari meiliki karakter tersendiri karena menggunakan mentok dan ayam kampung.Kelezatannya sangat luar biasa,pada saat jam makan siang bisa dipastikan tempat ini ramai oleh pengunjung.Tunggu apalagi bila anda melewati kawasan Banjar Patroman sempatkan waktu untuk mencicipi aneka kulinner ini. (E-001) ***