215 Offroader Ikuti Diklat Trabas X

15

Diklat Trabas merupakan event rutin yang diselenggarakan setiap tahun  komunitas adventure roda dua asal Kota Bandung yang sekaligus dalam rangka penerimaan anggota baru. Komunitas yang menjadi pioneer kegiatan adventure offroad roda dua di tanah air ini mencoba untuk menampung minat para pecinta olahraga garuk tanah yang kini semakin besar dan digandrungi hampir di seluruh pelosok tanak air.

Trabas mencoba membuka diri dan merekrut anggota dari berbagai kalangan masyarakat, sehingga memberikan warna dinamika keanggotaan. Untuk yang kesepuluh kalinya Trabas menggelar perekrutan anggota melalui jalur pendidikan dan latihan yang dibagi kedalam beberapa tahap. Tahun 2019 ini jumlah peserta diklat merupakan yang terbanyak, mencapai 215 offroader dengan peserta terjauh berasal Pontianak dan Surabaya, serta ada 6 offroader wanita yang ikut kegiatan Diklat .

Diklat Trabas yang  kesepuluh digelar 20-21 Juli 2019, setelah  acara pembukaan , diawali classroom penjelasan teori. Sejumlah materi berupa pengenalan, human ecology, safety riding, navigasi, teknik survival, hingga mekanika praktis serta tips berkendaraan trail, diberikan sejumlah ahli dari  luar dan internal anggota Trabas i di Taman Hutan Raya Dago Bandung.

Materi tentang Navigasi sangat penting dipelajari lebih dini karena berpengaruh terhadap nyali serta mental ketika kita akan memulai untuk merencanakan sebuah perjalanan. Perangkat yang dimiliki serta pengetahuan yang cukup, membuat keyakinan diri serta tingkat survival juga lebih mumpuni.

 “Rata-rata peserta yang ikut adalah ingin menambah skill,  wawasan dan memperbanyak teman. Mereka sebenarnya adalah para offroader yang handal di komunitasnya masing-masing. Namun Mereka berpikir belum terlegitimasi jika belum masuk komunitas Trabas. Kami berharap offroader itu mempunyai skill yang baik, berwawasan lingkungan dan sosial. Kita melakukan hobi  ditempat yang sesuai dan tidak melanggar undang-undang konservasi serta memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar yang dilewati saat melakukan aktivitas offroad,”ujar Erika Yusnandar, Ketua Pelaksana Diklat Trabas X.

Dalam kesempatan ini Rio Teguh P sebagai steering Committee Dikat Trabas X mengatakan, melalui Diklat  para peserta diharapkan lebih mandiri serta mengenal komunitas Trabas i sebagai komunitas yang sangat terorganisasi. Sebagai upaya Pengenalan medan serta cara berkendara safety diperagakan dalan sesi praktek di sirkuit Bako Ujung Berung Bandung, Minggu (21/7). Kemudian sesi terakhir dilakukan selama 2 hari menjalani perjalanan trail adventure bersama di kawasan Bandung Utara dan berkemah selama satu malam di Bukit Tunggul Manglayang. (E-002)***