AMMDES Siap Diekspor

60

Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) dikabarkan siap diekspor. Hal itu disampaikan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika.

“Dengan kapasitas produksi 3.000 per tahun akan terus bertambah sesuai dengan permintaan pasar, AMMDes juga didorong untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor Timor Leste dan Papua Nugini serta untuk memenuhi kebutuhan sekitar 10 000 unit di 49 negara Afrika,” ujar Putu.

Terkait ekspor AMMDes, PT Repindoo Jagad Raya sebagai pihak yang menangani ekspor AMMDes mengaku, belum mengetahui detail unit yang bakal diekspor, namun yang pasti jika sesuai dengan rencana ekspor akan dilakukan di tahun ini.

“Kami belum tahu persis bentuknya yang dikirim seperti apa, karena perlu survei ke negara tujuan,” ujar Wahyu Hidayat Sumarsono, Direktur Operasi PT Repindoo Jagad Raya .

Dia menyebut, negara dengan bahasa Portugis menjadi bidikan berikutnya dengan menjadikan Timor Leste sebagai penghubung.

“Mengenai ekspor, kita rencanakan yang terdekat dulu, seperti Timor Leste, Papua Nugini atau mungkin negara-negara ASEAN lainnya. Berikutnya ke negara-negara berbahasa Portugis karena kita dekat dengan Timor Leste sebagai penghubung dengan negara tersebut,” jelasnya.

Hingga saat ini, tingkat kandungan komponen lokal AMMDes  mencapai 90 % yang melibatkan 70 industri komponen yang sebagian besar merupakan sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) Reiza Treistanto mengatakan, AMMDes mempunyai model dasar yang dilengkapi dengan flat deck dan fitur power take off (PTO).

Mesin diesel yang digunakan pada model ini telah mengalami penyesuaian untuk mendapatkan performa yang lebih baik di medan off road dan berbukit.

Model ini juga mengaplikasikan sistem penggerak tunggal yang dirancang dengan kecepatan maksimal 30 km per jam dan kapasitas silinder sebesar 650 cc atau setara dengan 14 HP.

Sampai saat ini, berbagai aplikasi AMMDes berhasil dikembangkan, di antaranya untuk penjernih dan kebutuhan air minum, ambulance feeder, penyosoh beras, pompa irigasi, generator listrik, pembuat ice flake, pengolah kopi dan pascapanen pisang.  (E-002)***