Ribuan Ikan Mati, Petani Ikan Jaring Apung Di Danau Saguling Gagal Panen

6

Baru-baru ini para petani ikan di jala Apung Saguling Kabupaten Bandung Barat mengalami kerugian besar. Pasalnya dalam 2 hari terakhir ini ribuan ikan ditemukan mati mengambang di kolam  Apung Danau Saguling. Akibatnya para petani ikan pun dipastikan merugi dan gagal panen.

Para petani ikan di Aliran Sungai Saguling tepatnya di kawasan Pangauban Kecamatan Batudjajar Kabupaten Bandung Barat terpaksa menelan pil pahit. Hal ini terjadi lantaran 2 hari terakhir ini ikan-ikan yang ada di jaring apung banyak ditemukan mati.

Bahkan jumlah ikan yang mati ditaksir mencapai ribuan ekor dan mengambang di Danau Saguling layaknya buih. Lebih mirisnya, kematian masal ikan di Danau Saguling terjadi saat akan memasuki musim panen ikan.

Para petani jaring apung yang ada di  Danau Saguling mengaku bingung dengan kematian ikan–ikan yang terjadi di Danau Saguling baru-baru ini. Pasalnya kondisi air di Danau Saguling tidak mengalami penurunan debit air dan masih dalam batas normal sehingga kemungkinan besar ikan – ikan tersebut mati akibat racun yang di timbulkan dari pakan ikan. Hal tersebut terlihat dalam 2 hari belakang ini air di aliran sungai saguling sempat berwarna pekat dan berbau cukup menyengat.

Akibat dari peristiwa tersebut para petani jaring apung yang ada di kawasan Danau Saguling tepatnya di pangauban mengalami kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Para petani pun berharap agar pemerintah dapat bertindak cepat mencari solusi terkait kematian ikan-ikan yang ada di Danau Saguling. Sehingga para petani tidak terus merugi.

Algi Muhamad Gifari, Bandung Tv.