Tak Sesuai Kebutuhan, SMK Jadi Penyumbang Pengangguran Terbesar

19

Sekretaris dewan pendiidikan Kota Bandung Menilai jurusan sekolah menengah kejuruan atau SMK banyak yang tidak sesuai kebutuhan industri. Akibatnya, lulusan Smk menjadi penyumbang pengangguran terbesar di jabar. Hal tersebut dinyatakannya, setelah gubernur jabar beberapa waktu lalu menyatakan akan mengevaluasi SMK bersama dewan pendidikan jabar.

Sekretaris dewan pendidikan Kota Bandung Irianto mengatakan saat ini sekolah menengah kejuruan atau SMK sudah tidak sesuai dengan kebutuhan industri. Menurutnya, seharusnya Smk membuat jurusan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri, agar lulusannya dapat langsung bekerja. Namun, saat ini banyak smk yang membuat jurusan tidak sesuai kebutuhan. Akibatnya smk menjadi penyumbang pengangguran terbesar di jabar. Irianto mendukung pembubaran beberapa smk, tapi harus dibarengi dengan evaluasi agar tidak salah pangkas, karena ada beberapa jurusan di smk yang berguna bagi masyarakat dan industri.

Sebelumnya, Beberapa Waktu Lalu, Gubernur Jabar Menyatakan Akan Mengevaluasi Smk Bersama Dengan Dewan Pendidikan Jabar. Dengan Begitu, Pada 2020 Beberapa Smk Akan Dibubarkan, Sebagian Lagi Direposisi, Dan Ada Pula Yang Akan Dibangun.

Budi Hartati, Bandung Tv.