Massa Desak Pemerintah Segera Tangani Polusi Udara Di Jabar

9

Menyikapi kondisi kualitas udara di Jawa Barat umumnya dan bandung khususnya  massa yang menamakan diri aliansi aksi koalisi udara bersih mendesak pemerintah segera menangani polusi udara di jabar. Aksi yang digelar di Depan Gedung Sate Bandung pada Kamis Pagi massa menuntut pemerintah melakukan langkah kongkrit terkait penanganan polusi udara.

Massa yang menamakan diri aliansi aksi udara bersih menggeruduk Gedung Sate Bandung Saat Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia Digelar  Kamis pagi. Menurut massa saat ini laju konsumsi masyarakat terhadap energi kotor di Jabar semakin tinggi diantaranya akibat penggunaan batubara pada industri cekungan bandung yang berdampak pada kualitas udara di Kabupaten Bandung Kota Bandung Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Bahkan menurut indeks lingkungan di Jabar berada di level 32 dari 34 provinsi. Selain itu indeks kualitas udara di jabar berada di angka 70. Menurut Ketua Walhi Jabar melki hal tersebut mencerminkan kualitas udara di jabar buruk.

Massa pun menuntut berbagai hal diantaranya, Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan Dicabut, stop pembangunan PLTU dan terapkan regulasi baku mutu udara di jabar.

Sementara itu  Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum pun menyatakan kualitas udara di jabar parah dibandingkan sebelumnya. Dirinya berharap, dengan gerakan kesadaran masyarakat, udara di bandung dan jabar umumnya dapat kembali segar.

Budi Hartati, Bandung TV.