Musim Kemarau, Debit Air Situ Cileunca Pangalengan Terus Menyusut

15

Musim kemarau membuat debit air situ Cileunca, Pangalengan, Kabupaten Bandung, terus menyusut. Saat ini, ketinggian air di Situ Cileunca, hanya setinggi 6 meter, padahal ketinggian normalnya yakni 18 meter.

Musim kemarau yang sudah terjadi selama hampir tiga bulan, membuat debit air Situ Cileunca, Pangalengan, Kabupaten Bandung, terus menyusut. Saat ini, ketinggian air di situ yang merupakan sumber air baku bagi warga Kabupaten Bandung dan Kota Bandung tersebut, hanya 6 meter, sedangkan ketinggian normalnya, yakni 18 meter.

Dalam satu hari, rata – rata debit air Situ Cileunca mengalami penurunan sekitar 15 sentimeter. jika tidak ada hujan, kondisi ini diprediksi akan terus terjadi hingga puncak musim kemarau, yakni di bulan agustus sampai september.

Ditengah kondisi menyusutnya situ cileunca, warga sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai petani, memanfaatkan lahan di pinggiran situ untuk dijadikan lahan pertanian, dengan menanami sayuran berumur pendek seperti sawi.

Meski kondisi tersebut masih normal, namun jika kemarau berkepanjangan, dikhawatirkan, air situ cileunca akan mengering, seperti yang pernah terjadi 4 tahun yang lalu.

Rezytia Prasaja, Bandung TV.,