SATGAS Citarum OTT Limbah Industri Berbahaya

16

SATGAS Citarum harum sektor 21, lakukan operasi tangkap tangan terhadap salah satu industri pembuat benang, dan garmen di jalan industri 2, Kota Cimahi, kamis malam. OTT dilakukan usai patroli malam, dan menduga industri tersebut, menggelontorkan air limbah yang berbahaya.

Satu persatu sungai di telusuri SATGAS Citarum harum sektor 21 subsektor 13, yang digelar dalam patroli malam. patroli dilakukan, dari mulai sungai Cibaligo, sungai Cibeureum, sungai Cisangkan, sungai Cibabat hingga sungai Cimahi.

Dari hasil patroli malam tersebut, pabrik yang terletak di kawasan industri dua, Kota Cimahi kedapatan membuang limbah industri yang berbahaya. Disinyalir pembuangan tidak melalui proses instalasi pengolahan air limbah, atau ipal.

Industri tersebut, memproduksi benang dan garmen diduga sering membuang limbah berbahaya, pada malam hari. Salah satu anggota SATGAS Citarum harum sektor 21 subsektor 21 mengatakan, operasi tangkap tangan tersebut, akan diberikan sangsi tegas hingga penutupan paksa saluran limbah.

Pabrik tersebut pernah dilakukan tutup paksa lubang air limbah, dan di beri komitmen agar tidak menggelontorkan limbah berbahaya. Diharapkan dalam kegiatan ini, dapat memberikan sangsi tegas, agar memberikan efek jera demi mempercepat revitalisasi sungai Citarum.

Algi Muhammad Ghifari, Bandung Tv.