Potensi Wisata Curug – curug Cantik di Cianjur

57

Potensi wisata alam di Jawa Barat cukup banyak, karena wilayahnya di kenal memiliki keindahan alam,bahkan ada jargon yang mengatakan bahwa tatar Sunda di ciptakan ketika Tuhan sedang  tersenyum. Hal ini bisa saja benar adanya bila kita melihat indahnya topografi serta karakteristik alam Jawa Barat. Potensi wisata, merupakan   satu hal yang tidak bisa di abaikan begitu saja. Didukung oleh keunikan bentang alam, tidak heran aspek  pariwisata menjadi salah satu pendapatan Jawa Barat yang cukup besar.  Daerah Cianjur merupakan tujuan perjalanan Mandalawangi kali ini, daerah yang terkenal dengan beberapa penganan khas ini, ternyata memilki potensi wisata alam  cukup banyak, selain keindahan pantai selatan serta kawasan Puncak. Di daerah Cianjur terdapat air terjun dengan keindahan  alami dan beberapa di antaranya memiliki keindahan  luar biasa.

Curug pertama yang kami kunjungi ialah Curug Citambur secara topografi curug ini terletak di Desa Karang Jaya, dari pusat Kota Cianjur jaraknya sekitar 80 kilometer. Sesampai dilokasi kami di sambut dengan kucuran air dari tebing batu setinggi hampir 80 puluh meter yang menimpa bebatuan di bawahnya, menciptakan panorama yang susah di ungkapkan dengan kata kata. Konon menurut legenda curug ini dinamakan Citambur  karena dulunya merupakan tempat mandi seorang raja, dan apabila sang raja sedang mandi di curug ini, para pengawalnya selalu membunyikan tambur dengan keras. Lengenda itu yang melahirkan nama Curug Citambur. Pada zamannya, daerah ini terkenal angker, sehingga tidak sembarangan orang berani datang ke tempat ini, sampai sekarang pun cukup banyak mitos mengenai curug ini. Namun seiring perjalanan waktu dan kabar dari mulut kemulut tentang keindahannya, lambat laun tempat ini mulai di datangi oleh para pelancong. Tapi karena berbagai kendala salah satunya, akses jalan yang belum bagus hanya segelintir pelancong saja datang ke tempat ini.

Air terjun ( curug) lainnya berada di wilayah Desa Sukadana,Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur yang dikenal i dengan sebutan Curug Cikondang atau  disebut juga Curug Terekel. Curug ini cukup indah dengan ketinggian curahan air mencapai 50 meter.Lokasinya terletak di antara hamparan kebun teh milik PTPN VIII Panyairan Campaka. Ketinggian curahan air yang mencapai 50 meter menciptakan dimensi berbeda, jatuhnya air menimpa yang batu menimbulkan harmoni alam yang unik. Bagi para petualang pencari kesunyian serta suasana alami hal ini yang mereka cari dan dinikmatinya, selain mengabadikannya dengan camera. Curug terahir yang kami kunjungi di Cianjur ialah Curug Ciismun berada di ketinggian 1275 m dpl. Secara topografi tingginya tumpahan air sekitar 25 meter, debit air serta keindahannya sudah banyak dikenal para pelancong  penikmat keindahan alam.Lokasinya di Desa Cimacan, Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Aksesbilitas menuju lokasi berjarak sekitar  sekitar 23 km dari Cianjur. Tiket masuk Rp 6000  untuk dewasa dan Rp 3000  anak anak, sedangkan tarif kendaraan Rp 15.000. Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di kawasan curug, selain menikmati kesegaran air,pengunjung juga bisa melakukan jungle track,hunting foto keindahan alam serta fauna disekitar lokasi,hingga bermalam dengan tenda, setelah terlebih dahulu mendapat izin dari petugas. (E-001) ***