DPRD Sesalkan Citilink Tarik Rute di BIJB Kertajati

119

BISNIS BANDUNG – Wakil Ketua  Komisi IV DPRD Jabar, H.Daddy Rohanady  menyesalkan keputusan maskapai Citilink yang menarik tiga rute penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati per 26 Juli 2019. Rute tersebut adalah, BIJB Kertajati – Medan, BIJB Kertajati – Denpasar dan BIJB Kertajati – Palembang.

Penghentian sementara tiga rute penerbangan tersebut tidak seharusnya dilakukan, mengingat sudah ada kesepakatan bersama antara PT.BIJB, PT.Angkasa Pura II dan Citilink dalam mendukung dan mendorong menggeliatkan penerbangan dari dan ke BIJB Kertajati.

“Penghentian sementara tiga rute penerbangan Citilink, menunjukan sikap ketidak konsistenan pihak manajemen Citilink dalam mendukung keberadaan dan pengembangan BIJB Kertajati. Padahal, Citilink adalah anak perusahaan penerbangan Garuda Indonesia”, ujar Daddy  Selasa (30/7-2019).

Apapun alasannya, jelas  anggota legislator itu  pihak manajemen Citilink, tidak seharusnya bersikap demikian, karena perjuangan Pemprov Jabar dan DPRD Jabar dalam mewujudkan Bandara Kertajati tidak mudah.

“Apalagi pembangunan BIJB Kertajati, sudah menghabiskan anggaran ratusan miliar rupiah dari APBD Jabar. Mulai dari pembebasan lahan, pembangunan sarana-prasarana sampai pembangunan infrastruktur penunjang,” ucapnya.

Kendati begitu,  ia mengakui, sampai saat ini infrastruktur penunjang kelancaran transportasi darat dari dan ke BIJB Kertajati berupa jalan bebas hambatan (jalan tol), belum tuntas.

Keberadaan jalan tol Cisumdawu yang merupakan akses menuju BIJB Kertajati, bisa meningkatkan mobilitas barang, jasa dan manusia dari Selatan-Utara Jawa Barat. Hal ini karena menghubungkan Tol Purbaleunyi dengan jalan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) yang telah beroperasi.(B-002)***