Mang Oded Melestarikan Budaya

9

Walikota Bandung, Oded M. Danial menegaskan bahwa Pemerintah Kota  Bandung akan terus memberikan dukungan untuk berbagai kegiatan yang bernuansa kebudayaan. Terlebih dalam rangka upaya untuk menjaga kelestarian budaya tradisional yang merupakan warisan budaya dari para leluhur.

Hal itu dikemukakan Walikota pada acara Temu Pendekar Tiga Masyarakat Pencak Silat Indonesia (Maspi) yang diselenggarakan di Kota Bandung.

“Kita mempunyai kewajiban tanggungjawab moral melestarikan budaya jangan sampai tergeser oleh budaya luar,” ujarnya usai membuka acara Temu Pendekar  di halaman barat Balai Kota Bandung, Jl. Wastukancana, baru-baru ini.

Mang Oded demikian sapaan akrab bagi Walikota ini merasa sangat bersyukur karena dari pengamatannya langsung saat terjun ke masyarakat Bandung masih banyak Perguruan Pencak Silat.

Dengan adanya perhelatan Temu Pendekar , Wali Kota berharap bisa memperkuat rangsangan bagi generasi muda untuk menekuni Pencak Silat. ”Apalagi, dewasa ini pencak silat tidak hanya sebagai warisan budaya , tetapi menjadi salah satu jalur prestasi  bidang olahraga,” ujar Mang Oded.

Oded menambahkan , di Kota Bandung sebetulnya  perkembangan Penca Silat sudah cukup baik . Saya berharap dengan adanya Temu Pendekar bisa mendorong semangat agar Pencak Silat lebih berkembang. (E-011) ***