Gubernur Perbolehkan Tangkuban Parahu Dibuka Lagi Kamis Pagi

18

Setelah rapat dengan berbagai pihak terkait seperti PVMBG pengelola Dandim dan Dunia Pariwisata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan TWA Tangkuban Parahu boleh dibuka kembali Kamis Pagi. Namun, pihak pengelola TWA tersebut harus benar-benar membersihkan kawasan tersebut dari abu vulkanik hingga membuat rambu-rambu evakuasi.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akhirnya memperbolehkan Taman Wisata Alam atau TWA Tangkuban Parahu dibuka kembali untuk wisatawan Kamis pagi. Keputusan tersebut dibuatnya, setelah rapat dengan berbagai pihak, diantaranya pengelola TWA tangkuban parahu, PVMBG bupati subang hingga dunia pariwisata seperti Phri dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar.

Namun gubernur pun memberi syarat pihak pengelola benar-benar membersihkan kawasan TWA tersebut dari Abu Vulkanik. Memperbaiki sistem evakuasi hingga membuat whatsapp grup pengelola, muspida, dan Kepala Desa di Kawasan Tangkuban Parahu. Komunikasi dengan bupati subang dan bandung barat pun harus lebih diintensifkan. Selain itu, pada radius 500 Meter dari kawah ratu pun tidak diperbolehkan ada pengunjung maupun pedagang.

Menyikapi keputusan gubernur, pengelola TWA tangkuban parahu, putra kaban menyatakan, dirinya akan segera mengirimkan foto-foto yang menunjukkan bersihnya tangkuban parahu kepada gubernur Rabu besok. Menurutnya rambu jalur evakuasi pun telah ada sejak dulu.

Sebelumnya Senin siang gubernur Jawa Barat mengunjungi TWA Tangkuban Parahu. Dirinya sempat melihat posko PVMBG dan situasi di sekitar kawah ratu.

Budi Hartati, Bandung Tv.