TNI Gelar Simulasi Kesiapsiagan Bencana

7

Kodam III Siliwangi menggelar simulasi kesiapsiagaan penanganan korban bencana alam. kegiatan simulasi berlangsung di padalarang Kabupaten Bandung Barat Selasa pagi.

Puluhan warga panic saat peristiwa bencana alam gunung meletus terjadi. Sejumlah korban berjatuhan dan mengalami luka akibat tertimpa reruntuhan bangunan rumah. Para korban bencana lainnya dievakuasi menggunakan tandu kemudian ditarik dari atas tebing dengan ketinggian 200 meter.

Armada bantuan lengkap dari berbagai kesataun Anggota TNI Kodam pun dikerahkan. Termasuk logistik pembekalan, mobil ambulance, alat komunikasi hingga kendaraan bedah untuk menangani korban luka.

Selain armada angkutan yang disiapkan dalam simulasi ditampilkan pula kesiapsiagaan prajurit TNI menyiapkan tenda penampungan sementara untuk pengungsi dapur umum serta posko kesehatan yang dilengkapi dengan Tim Medis.

Kegiatan tersebut merupakan simulasi penanganan bencana yang berlangsung di lapangan tembak pusat pendidikan Kavaleri Pusdikav Padalarang Bandung Barat. Selain prajurit TNI Kodam III Siliwangi turut terlibat badan penanggulangan bencana daerah BPBD Jabar pelajar juga relawan.

Simulasi juga menyikapi dampak dari Erupsi Gunung Tangkuban Parahu yang membuat semua pihak waspada termasuk jajaran Kodam III Silwangi. Anggota TNI dituntut kesiapsiagaanya dalam penanganan bencana alam termasuk membantu korban.

 

Algi Muhamad Gifari, Bandung Tv.