Gubernur Imbau Gunakan Besek Dan Daun Pisang Untuk Hewan Kurban

9

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas 174 Orang anggota Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban 2019 di gedung pakuan bandung, Rabu pagi. Selain itu gubernur pun mengeluarkan surat Edaran Manajemen Kurban 2019 bagi kepala daerah 27 Kabupaten Kota Di Jabar. Isi surat edaran tersebut diantaranya larangan berjualan hewan qurban di Trotoar dan imbauan penggunaan besek dan daun pisang untuk pengganti kresek sebagai wadah daging kurban.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas 174 orang anggota Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban 2019 di gedung Pakuan Bandung Rabu Pagi. Tim tersebut terdiri atas para dokter PDHI Jabar mahasiswa Kedokteran Unpad hingga dinas terkait. Mereka bertugas memastikan keamanan, kesehatan, dan kehalalan hewan qurban. Mereka akan memeriksa hewan kurban sejak H+14 hingga pelaksanaan pemotongan.

Ridwan kamil menyatakan rabu ini dirinya mengeluarkan surat edaran untuk para Bupati dan Walikota agar manajemen Qurban lebih baik tahun ini. Dalam surat edaran tersebut tercantum larangan berjualan di trotoar karena mengganggu hak pejalan kaki dan imbauan konversi penggunaan kantong kresek untuk daging kurban menjadi besek dan daun pisang.

Gubernur yang akrab disapa emil itu menginginkan penjualan hewan kurban bisa dilakukan secara online untuk memfasilitasi para muzaki atau orang yang wajib membayar zakat yang terbiasa berbelanja online.

Sementara itu kepala dinas ketahanan pangan dan peternakan jabar koesmayadi tp mengatakan jika tidak bisa mengganti kantong kresek dengan besek dan daun pisang setidaknya masyarakat tidak menggunakan plastik hitam untuk membungkus hewan kurban karena akan bereaksi dengan daging.

Gubernur pun memperkirakan jumlah qurban tahun ini semakin banyak karena berkurangnya warga miskin di jabar sebanyak 230 Ribu orang. Tahun lalu, setidaknya 241 Ribu hewan kurban terserap di jabar.

 

Budi Hartati, Bandung Tv.