Agar Produk Anda Jadi Bernilai Tinggi

18
Agar Produk Anda Jadi Bernilai Tinggi

FOUNDER Jababeka Setyono Djuandi Darmono menuturkan, ada beberapa cara untuk membuat sebuah produk memiliki nilai tambah supaya bernilai lebih tinggi, salah satunya yakni desain.

Darmono menjelaskan, misalnya di industri automotif, produk yang bernilai tinggi justru bukan kendaraan dengan kecepatan tinggi atau irit bahan bakar, melainkan mempunyai desain keren.

“Saya kira kalau disadari buat produk dengan desain bagus jadi nilai tambah. Di industri automotif, bukan mobil yang larinya kencang atau hemat bahan bakar, tapi karena modelnya, dikasih tambahan sedikit misalnya di body, lalu branding langsung harganya naik,” ujarnya.

Menaikkan nilai produk, kata dia, justru bukan dengan hanya melakukan efisiensi. Namun, dapat memberi kebanggaan bagi konsumen melalui branding.

“Itu kita fokus naikkan nilai tambah produk kita bukan cuma tekan biaya, itu penting, tapi yang lebih berharga. Sehingga, konsumen mau beli dengan harga lebih tinggi, cantik, beri rasa aman, bangga pakai ini, statusnya naik,” tutur dia.

Menurutnya, hal tersebut yang harusnya pemerintah perjuangkan karena Indonesia kaya dengan art and design. Sehingga, jika sebuah produk bisa dikemas sedemikian cantik maka harganya bisa tinggi.

“Sederhana, dulu minum dari air keran, air sumur, sekarang air minum dalam kemasan. Terus kuliner, batik, kalau dijual dengan pacakaging benar, branding, ditambah lewat online bisa jadi kekuatan tinggi Indonesia di kelas dunia,” tutur Darmono. (C-003/Izz)***