Ikan Pesmol Khas Kota ”tauco” Cianjur Memiliki Citarasa Khas

96
Ikan Pesmol Khas Kota ”tauco” Cianjur Memiliki Citarasa Khas

Kuliner Kota “tauco” Cianjur cukup beragam, selain tauco,aneka manisan buah dan sayuran hingga bubur ayam khas Cianjur  dan sate maranggi. Namuna sekian banyak penganan kuliner khas Cianjur , ada satu lagi yang cukup dikenal seperti kuliner lainnya, yakni Pesmol , tidak diketahui  pasti sejak kapan olahan ini dikenal luas masyarakat .

Pesmol berbumbu kuning khas Cianjur, berasal dari campuran rempah yang konon mempunyai khasiat bagi kesehatan , antara lain kemiri, kunyit dan jahe. Walaupun bahannya terlihat cukup banyak, cara membuatnya sangat sederhana dan mudah. Pesmol banyak disukai masyarakat Indonesia karena rasanya gurih, asam, manis dan pedas. selain harganya yang terjangkau. Pesmol  memiliki cita rasa tersendiri yang unik dan khas.

Bahan utama Pesmol  adalah ikan,  karena Cianjur dikenal sebagai salah satu sentra ikan di Jawa Barat.Disana terdapat beberapa sentra ikan, seperti waduk Cirata serta sejumlah kolam ikan  milik masyarakat yang cukup melimpah. Ikan mas menjadi salah satu jenis ikan yang banyak digunakan sebagai bahan baku utama olahan pesmol , bahkan di seantero Cianjur banyak rumah makan yang khusus menjual ikan mas Pesmol . Sekilas hidangan ini mirip ikan bandeng bumbu kuning. Mungkin karena di dalamnya sama-sama menggunakan kunyit yang membuat warna bumbunya menjadi kuning.

Cara membuat ikan mas Pesmol, ikan dicuci bersih ,  lumuri dengan air jeruk nipis, kunyit serta garam. Biarkan selama 15 menit,  goreng  menggunakan minyak panas, hingga matang dan berwarna keemasan,lalu tiriskan .Campurkan bawang merah, kemiri, lengkuas, jahe, kunyit, garam halus dan gula pasir , haluskan bahan-bahan tersebut  menggunakan ulekan atau blender, kemudian ditumis . Tambahkan daun salam, serai dimemarkan.Jika tumisan sudah mengeluarkan aroma harum,  masukan gula pasir, garam halus dan air . Lanjutkan  hingga airnya mengental. Koreksi rasa sesuai selera Anda.Tambahkan cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah  utuh,  aduk rata. Kemudian masukan ikan mas yang sudah digoreng, aduk  rata.Angkat dan sajikan di atas piring saji.

Rumah makan di Cianjur biasanya menawarkan menu Pesmol dengan olahan ikan selain ikan mas,  seperti gurame,kembung ataun udang.Namun yang menjadi primadona ialah Pesmol ikan mas, jika ke Cianjur tanpa menikmati ikan mas Pesmol seperti makan sayur tidak di kasih garam,alias hambar. Selain dikawasan Cianjur ,kawasan Waduk Cirata dengan rumah makan terapungnya merupakan sentra ikan mas Pesmol yang banyaku diburu para pecinta kuliner.Akhir pekan ini saat waktu libur ada baiknya anda mencoba kuliner khas Cianjur ini,dijamin akan ketagihan. Selamat mencoba. (E-001) ***