Paskhas TNI AU dan VRI Bangun Jembatan Perintis di Garut

68
Paskhas TNI AU dan VRI Bangun Jembatan Perintis di Garut

Bertepatan dengan Hari Bakti TNI AU ke 72, Korps Paskhas TNI AU  dibantu tim Vertical Rescue Indonesia berhasil membuat jembatan perintis yang menghubungkan dua kecamatan di Kabupaten Garut. Pembangunan jembatan perintis ini dilakukan mulai tanggal 22 juli 2019,  selesai  30 juli 2019. Dalam waktu singkat Korps Paskhas TNI AU dan Vertical Rescue Indonesia berhasil membuat jembatan perintis yang memiliki fungsi yang sangat vital bagi mobilitas warga masyarakat dua kecamatan. Pemilihan lokasi pembangunan jembatan perintis dilakukan berdasarkan survey serta kebutuhan mendesak untuk  membantu mobilitas masyarakat.

 Sudah beberapa tahun jembatan dengan fungsi vital tersebut mengalami kerusakan, meskipun masih bisa dilalui namun sangat rentan akan resiko kecelakaan. Atas berbagai hal inilah Korps Paskhas TNI AU Batalyon Komando 461  dibantu oleh Vertical Rescue Indonesia membangun kembali jembatan perintis dilokasi yang sama. Dalam pembangunan jembatan ini kemanunggalan TNI begitu terasa, segenap anggota Paskhas TNI AU bahu membahu mengerjakan jembatan dibantu  warga masyarakat serta relawan Vertical Rescue Indonesia. Aspek teknis pembangunan jembatan memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi, karena letak jembatan cukup tinggi dari alur sungai. Namun hal tersebut tidak mengurangi tekad  anggota Korps Paskhas TNI AU, relawan serta warga masyarakat, agar jembatan bisa segera di gunakan. Pada hari terakhir pembangunan, jembatan lama yang sarat akan sejarah di robohkan.

 Rancang bangun jembatan  yang merupakan jembatan ke 76 dalam rangkaian ekspedisi 1000 jembatan gantung untuk Indonesia merupakan jembatan gantung dengan penguat yang dibenamkan dalam tanah dengan dua buah tiang pancang utama  yang dihubungkan oleh tali baja sepanjang 70 meter. Sedangkan alas jembatan menggunakan material dari besi serta papan mahoni. Serah terima jembatan perintis dilakukan langsung oleh Komandan Korps Paskhas TNI AU Marsekal Muda TNI Eris Yuliastono S.E.,M.Tr ( Han ). Pada kesempatan tersebut, ia menghimbau agar jembatan perintis yang telah dibangun bisa dipergunakan oleh masyarakat untuk mempermudah akses dan agar masyarakat merawat jembatan tersebut sebagaimana mestinya.

            Masyarakat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Cibatu dan Cibiuk Kabupaten Garut menyambut baik dan berterima kasih atas pembangunan jembatan perintis tersebut oleh Paskhas TNI AU dan VRI, karena menjadi akses mereka untuk melakukan berbagai kegiatan menjadi mudah. Pada saat upacara peresmian, masyarakat berkumpul bersuka cita karena jembatan yang bertahun tahun rusak diganti dengan jembatan baru di lokasi samai. (E-001)