Harga Sapi Kurban Naik Jelang Idul Adha

9

Sepekan jelang Idul Adha, harga sapi kurban di sentra penjualan hewan kurban di kota sukabumi mengalami kenaikan. Kenaikan harga sapi kurban berkisar antara satu juta hingga dua juta rupiah per ekornya. Kenaikan tersebut akan terus terjadi hingga mendekati Idul Adha.

Harga sapi kurban jelang hari raya Idul Adha, mulai mengalami kenaikan. Seperti di salah satu sentra penjualan sapi di jalan nyomplong, Kota Sukabumi. Harga sapi kurban yang dijual di sentra penjualan itu, hampir semua jenis sapi mengalami kenaikan harga, dibandingkan dengan tahun lalu, kenaikan harga berkisar antara satu juta hingga dua juta rupiah per ekor. Untuk satu ekor sapi kurban dijual sekitar enam juta hingga 35 juta rupiah perekor.

Menurut pedagang sapi, kenaikan harga hewan kurban menjelang Idul Adha sudah biasa terjadi setiap tahun. Tingginya masyarakat untuk membeli hewan kurban menjadi salah satu faktor naiknya harga hewan kurban, sehingga mereka menyimpan stok apabila permintaan sapi untuk h-1 Idul Adha tersedia.

Sapi di Kota Sukabumi rata-rata didatangkan dari luar Jawa Barat, seperti Klaten, Solo dan wilayah lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka menjamin sapi-sapi yang dijual telah di periksa oleh dinas terkait, sehingga layak untuk dipotong.

 Budi Setiawan, Bandung Tv.