Job Fair Sumedang 2019 Upaya Penanggulangan Tenaga Kerja

29

BISNIS BANDUNG – Pertumbuhan penduduk di setiap daerah  Indonesia sangat cepat dan cukup signifikan.Hal  serupa itu terjadi juga Kabupaten Sumedang  dari tahun ke tahun jumlah penduduknya peningkatan. Berdasar data  Disnakertrans Kabupaten Sumedang,saat ini penduduk di kota tahu ini  mencapai 1.146.435 jiwa . Sebanyak  505.827 diantaranya sudah bekerja , 39.978 masih menganggur.

Secara umum di Kab.Sumedang  terdapat pengangguran terbuka yang tersebar di 26 kecamatan.Salah satu upaya untuk menanggulangi  masalah ketenaga kerjaan yang mengakibatkan masih tingginya angka pengangguran ,pemerintah Kabupaten Sumedang,menyelenggarakan job fair 2019 dengan menggandeng perusahaan – perusahaan terkemuka yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang maupun perusahaan internasional.
Pemerintah Kabupaten Sumedang, kegiatan job fair mampu jadi sarana  membuka lowongan ketenaga kerjaan . Job fair  dibuka Sekertaris Daerah Sumedang Herman Suyatman di Alun – alun Sumedang, 7 Agustus  2019.

Pembukaan pameran  selain dihadiri Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sumedang, juga pimpinan  BUMN,SKPD,Camat dan pihak swasta .

Job fair yang ditandai dengan penanda tanganan kerjasama (MUO) dengan dua perusahaan yang ditunjuk sekaligus pemberian cindramata khas Kabupaten Sumedang.

Kegiatan job fair dengan  tema : ” Semangat Hut RI ke 74 melalui kegiatan job fair  kita tingkatkan penempatan  tenaga kerjadan perluasan kerja melalui sinerginitas kesempatan kerja dan net working “.

Direktur Bina Produktifitas Ketenagakerjaan Kemenaker RI,  Muhammad Zuhri mengatakan, jika dilihat dari BPJS angka pengangguran  masih ada sehingga ada kerjasama , hingga  antara pemerintah pusat dan daerah bersinergi  untuk menekan angka pengangguran,”ujar Muhammad.

Sedangkan Kabid Penempatan dan Pelatihan Kerja  Disnaker dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang Asep Rahmat Hidayat menyebut, sasaran yang diharapkan bisa dicapainya adalah  meningkatkan ketenagakerjaan  yang produktif dan berkualitas. Mengenai masalah meningkatnya pengangguran, menurut Asep, karena adanya ketidak seimbangan antara persedian dan kebutuhan tenaga kerja., dari segi kualitas maupun segi  kuantitas yang dibutuhkan pasar kerja. ”Dengan adanya job fair diharapkan dapat mengatasi masalah ketenagakerjaan  sekaligus menghindari percaloaan,”katanya.

Sansan , salah seorang dari ribuan pengunjung job fair 2019 adalah Sansan 23 tahun  warga Kecamatan Paseh berharap,  melalui job fair ini harapannya  bisa mencari kerja , terutama yang ada di Sumedang,  kedepanya  perusahaan- perusahaan peserta job fair  bisa lebih banyak.

Di arena  pameran, selain menampilkan perusahaan,juga di pamerkan berbagai produk unggulan kuliner khas Sumedang dan hasil bumi.

Kehadiran berbagai macam kuliner dan hasil bumi,diharapan agar para pengunjung tidak terfokus dalam mencari lowongan kerja di perusahaan  peserta job fair , tetapi diharapkan Asep , bisa memberi  inspirasi untuk melakukan usaha sendiri dengan menggunakan bahan baku yang  di lingkungan sekitar dan mudah didapat, tidak selalu harus mengikuti alur dan tuntutan kerja di perusahaan yang di inginkan. (E-010)***