Merawat Jok Motor Agar Bersih dan Tahan Lama

96

Jok merupakan bagian terpenting pada sepeda motor. Selain memberikan kenyamanan dalam berkendara, jok juga memiliki fungsi mempercantik tampilan sepeda motor. Oleh karenanya, pemilik wajib merawat jok sepeda motornya, terutama jika menggunakan kulit sintetis.

Jok sepeda motor yang telah dimodifikasi dan berbahan kulit sintetis  memiliki perlakuan khusus ketimbang jok biasa. Perawatan tersebut semata-mata dilakukan untuk menjaga usia jok .

Jok motor yang dimodifikasi sebisa mungkin tak terlalu sering terkena air. Sebab akan merusak jahitan pada jok modifikasi. Perawatan lainnya adalah perhatikan saat proses pencucian. Jok juga tak boleh dicuci dengan air bertekanan tinggi. Busa yang ada di dalam jok direkatkan dengan lem, jika  disemprot dengan air banyak,  lem akan terlepas dan busa menjadi keras.

Jika jok modifikasi dirawat secara benar,  bisa awet hingga empat tahunan. Jika perawatan dilakukan keliru hanya mampu bertahan beberapa tahun saja.

Digital Creative Division Manager MBtech, Edi Pamungkas mengatakan, sebuah jok kulit sintetis wajib dijaga kebersihannya. Jika kebersihan tidak dijaga dapat mengubah warna asli dari jok kulit sintetis tersebut. Mengubah warna tentunya sangat mengurangi kecantikan dari sepeda motor.

“Yang penting adalah kebersihannya, kalau tidak dibersihkan itu bisa merubah warna. Jadi setiap kali ada kotoran yang menempel tidak dibersihkan dapat merubah warna. Biasanya cara membersihkan itu yang orang belum tahu,” ujar Edi.

Sebenarnya, untuk membersihkan suatu jok kulit sintetis caranya cukup mudah. Bahkan dapat dilakukan sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah tanpa membeli cairan khusus. “Membersihkan jok kulit sintetis itu cukup dengan air hangat atau sabun bayi . Kalau misalnya kotor banget, pakai minyak kayu putih, itu lebih baik,” pungkas Edi.

“Zat kimia seperti bensin dan alkohol, mungkin kalau kena sedikit enggak apa-apa. Tapi lama-lama akan merusak semua kulit sintetik ,” tutup Edi. (E-002)***