Oleh-oleh Acara Agustusan

14

SAYA merasakan bahwa 17 Agustus menjadi satu hari yang penting bagi bangsa Indonesia.  Karena pada tahun 1945  tanggal tersebutlah negara   Indonesia pertama kali diproklamasikan.

Pada tahun ini banyak oleh-oleh sebagai kenangan bangsa  Indonesia  dengan  berbagai lomba dan unjuk kabisa. Sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME dan  terima kasih kepada para pahlawan  yang telah berbuat dan memngorbankan mulai dari tenaga, hingga nyawanya sendiri.

Maka dari itu, 17 Agustus  selalu diperingati  setiap tahun.  Hal ini bertujuan agar semangat nasionalisme dan jiwa patriot selalu membara pada warga negara Indonesia dari generasi ke generasi.

Selain memiliki nilai sejarah, nasional dan patriotik, peringatan 17 Agustus juga memiliki nilai sosial masyarakat, yaitu berkumpulnya masyarakat untuk mengikuti berbagai lomba khas 17-an.

Tak pelak lagi, bahwa peringatan 17 Agustus sering diisi dengan lomba-lomba yang menyenangkan dan mempererat tali persaudaraan.  Perlombaan-perlombaan tersebat diadakan memang untuk memeriahkan hari kemerdekaan, yang  pastinya akan menghibur dan menimbulkan gelak tawa dari para peserta dan penonton.

Lomba-lomba 17 Agustus yang kita kenal seperti lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, lomba panjat pinang, hingga lomba yang unik dan lucu, seperti lomba balap karung menggunakan helm, lomba menangkap bebek serta lomba merangkak sambil ngedot seperti balita.

Kemerdekaan sebuah negara merupakan impian bagi setiap warga negara, kala penjajah masih menduduki tanah air. Perjuangan   kemerdekaan Indonesia memiliki catatan sejarah yang panjang.

Tanah air Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Siapapun menginginkan untuk menguasai kekayaan tanah nusantara ini. Oleh sebab itu, ayo  kita  isi kemerdekaan dengan menumbuh kembangkan  manusia yang unggul demi kesejahteraan bangsanya.

Sunarya,  Sawah Kurung Bandung