Perceraian Bos Amazon Berakhir Pemberian Saham Rp539 Triliun

21
Perceraian Bos Amazon Berakhir Pemberian Saham Rp539 Triliun

PENDIRI Amazon, Jeff Bezos dan MacKenzie Bezos resmi bercerai pada Jumat (5/7). Diketoknya palu membuat MacKenzie berhak menerima 4 persen saham Amazon senilai US$38,3 miliar atau setara dengan Rp539 triliun.

Sementara Jeff Bezos akan mempertahankan 12 persen saham Amazon senilai US$114,8 miliar. Hal itu membuat titel orang terkaya di dunia tetap digenggamnya.

Melansir AFP, MacKenzie mengatakan bahwa dirinya akan tetap memberikan kontrol suara atas sahamnya pada Jeff Bezos.

Pada Mei lalu, MacKenzie berjanji untuk memberikan setengah dari kekayaannya untuk amal dan bergabung dengan kampanye Giving Pledge yang digagas para miliarder dunia Warren Buffet dan salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates.

Kehidupan pribadi Jeff dan MacKenzie Bezos menjadi sorotan setelah keduanya mengumumkan rencana perceraian setelah 25 tahun pernikahannya pada Januari lalu.

Perceraian sempat memunculkan kekhawatiran berkurangnya hak suara Jeff Bezos pada Amazon atau mengurangi kepemilikan saham Jeff maupun MacKenzie.

Jeff dan MacKenzie Bezos menikah pada 1993 silam dan telah dikaruniai empat orang anak. Jeff mendirikan Amazon pada 1994 silam dan membuatnya menjadi raksasa toko ritel daring di dunia. Catatan: US$1 dihitung setara dengan Rp14.083. (C-003/asr)***