Atraksi “River Tubing” di Garut Berpetualang Ikuti Alur Sungai

27
Atraksi “River Tubing” di Garut Berpetualang Ikuti Alur Sungai

POTENSI wisata Kabupaten Garut sangat banyak sekali ragamnya, baik itu potensi wisata budaya,kuliner,alam maupun wisata lainnya. Dari semua potensi wisata tersebut, potensi wisata alam mengambil porsi cukup besar.

Hal ini bias dimaklumi karena bentang alam kabupaten Garut sangat indah, Garut memiliki topografi beragam mulai dari dataran rendah, pegunungan hingga Pantai Selatan dengan segala keeksotisannya.

Perjalanan kali ini akan menguak potensi wisata alam di Garut Selatan, tepatnya di wilayah Kecamatan Banjarwangi. Topografi kawasan Banjarwangi cukup indah, dikelilingi oleh kawasan pegunungan serta sungai sungai berair jernih. Oleh karena itu perjalanan kali ini akan menguak salah satu atraksi wisata yang mulai berkembang di kawasan Banjarwangi yaitu  river tubing.

Atraksi wisata ini dikelola oleh para pemuda setempat, dengan mengambil tempat di sungai Leuwi Paranje dan sungai Cikaengan. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu 2,5 jam perjalanan dari pusat kota Garut.

Kontur jalanan menuju lokasi cukup berbahaya ,karena jalanan penuh kelokan tajam dan sempit. Bila membawa kendaraan pribadi, kendaraan serta pengemudi harus dalam kondisi prima.Jasa transportasi umum hanya tersedia mobil  elf dari terminal Guntur Garut dengan waktu tertentu. Atraksi river tubing dilakukan di kawasan Desa Bojong Kecamatan Banjarwangi.

Aktivitas river tubing merupakan salah satu genre wisata alam yang butuh jasa pemandu profesional. Hal ini dikarenakan river tubing termasuk kategori wisata minat khusus.

River tubing membutuhkan media ban dalam bekas kendaraan truk sebagai alat untuk melakukan atraksi, biasanya ban ini telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga aman digunakan oleh para pelancong.

Sebelum melakukan pengarungan biasanya para pelancong akan diberikan briefing oleh pemandu mengenai safety prosedur pengarungan. Meski jeram jeram sungainya tidak terlalu besar namun aktivitas di alam terbuka sangat rentan dengan risiko kecelakaan. Para

Pelancong setelah mendapatkan briefing lalu diarahkan untuk  melakukan  pemanasan. Selanjutnya dengan dipandu oleh para pemandu mereka melakukan pengarungan.

Sensasi terombang ambing di atas ban serta meliuk- liuk mengikuti alur sungai sambil melewati jeram jeram merupakan sensasi yang luarbiasa. Cukup banyak para pelancong ketagihanakan atraksi ini.Selain berasal dari seputaran kota Garut, untuk saatini cukup banyak pelancong lainnya dari luar  daerah.

Fasilitas penunjang wisata telah tersedia cukup lengkap meskipun masih sederhana,untuk sarana penginapan para pelancong dari luar daerah bias berkemah ataupun menyewa rumah rumah  penduduk.

Bermain river tubing  bagi para pelancong cukup terkesan dengan keramahan masyarakat setempat. Selain itu suasana perdesaan yang masih kental merupakan daya tarik lainnya di tempat ini. Kearifan lokal yang masih diipertahankan oleh masyarakat sangat disukai oleh para pelancong yang berkunjung ke kawasan Banjarwangi.(E-001)***