Pesona Wisata Pantai di Selatan Kebumen

93
Pesona Wisata Pantai di Selatan Kebumen

KARANG Duwur merupakan  sebuah desa  di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Topografi kawasan Selatan Kebumen ini memiliki corak khas, termasuk dalam kawasan Karst Gombong Selatan. Visual lanskapnya terdiri dari lautan, pantai, pegunungan serta gua gua bentukan alam.

Kekayaan alam ini merupakan aset tidak ternilai terutama dalam bidang wisata alam. Denyut kegiatan wisata di kawasan ini sebelum tahun 2007 berlangsung  lamban. Namun semenjak tahun 2007 melalui kepala desa, Basir pelan namun pasti denyut wisata mulai bergeliat. Pembangunan infrastruktur penunjang wisata dilakukan dengan swadaya masyarakat.

Potensi alam sangat mendukung daerah  ini untuk dikembangkan  menjadi kawasan  wisata alam.  Kekayaan lautnya cukup banyak, hamparan pasir pantai berpadu dengan tebing tebing menjulang, serta kawasan pegunungan yang di dalamnya terdapat air terjun serta gua bentukan alam berusia jutaan tahun,merupakan asset  tidak  terhingga.

Sejak tahun 2007 hingga sekarang pembangunan infrastruktur masih terus berlangsung. Buah dari kegigihan masyarakat Karang Duwur mulai menampakan hasilnya. Angka  kunjungan pelancong ke kawasan pantai Menganti sebagai ikon wisata Karang Duwur melonjak secara signifikan. Setiap akhir pecan ataupun masa libur sekolah kawasan di Selatan Jawa ini selalu disesaki pengunjung dari berbagai  daerah.

Selain Menganti sejak setahun lalu, dikembangkan pula wisata minat khusus di kawasan Sawangan.  Potensi wisata alam di Sawangan  merupakan  surga  bagi para penikmat kegiatan yang  menantang.  Pegunungan  dengan air  terjun cantik mempesona, serta gua alam beserta misterinya adalah beberapa hal  yang  dijadikan daya tarik  utama  pengelola untuk  menarrik para pelancong.

Kesungguhan masyarakat dalam membangun kawasan wisata Karang Duwur patut diacungi jempol dan bias dijadikan contoh oleh masyarakat  lainnya.  Bahwa tidak ada hal yang tidak  mungkin,  apabila  kita  melakukannya  dengan  kesungguhan  hati apa yang dicitacitakan akan  terwujud.

Tidak jauh dari Karang Duwur terdapat destinasi dengan pemandangan alam cukup indah Pantai Lampon  mendiami teluk sempit di selatan perbukitan  Kawasan Karst  Gombong Selatan (KKGS).  Pantai  Lampon  bukanlah  pantai yang luas  dan  panjang, meski areanya  tak terlalu  luas.

Pantai  Lampon  Kebumen  ini  bisa  menjadi   alternatif   wisata   dan   memang di awal  tahun 2015 ini  mulai  banyak  dikenal   wisatawan   melalui   jejaring   sosial.  Sebenarnya  Pantai  Lampon  sendiri  letaknya  takterlalu  jauh  dari  Pantai  Pasir di Kecamatan Ayah yang sudah  banyak  dikenal orang.  Tapi  untuk  mencapai  pantai  ini, wisatawan  harus  mengeluarkan  tenaga  ekstra  dengan  berjalan kaki dan  mendaki  bukit  selama 15 menit. Sebab, posisi  pantai  berada  persis di belakang  bukit  Watu  Pendel.

Dari atas  ketinggian  inilah  paduan  batuan karst dengan   birunya  Samudera  Hindia  menciptakan panorama  alam  sangat  menakjubkan.  Di  atas jajaran  bukit  ini  pihak pengelola  membangun  beberapa spot menarik  untuk para pecinta   fotografi.  Hal  ini  menjadikan   Pantai Lampon   menjadi spot favorit  bagi  mereka,  bahkan  para  pecinta  selfie di wilayah  Kebumen  menjadikan  pantai  ini  sebagai  lokasi wajib dikunjungi.

Bila  kita bosan dengan  pemandangan  dari  atas, dengan menyusuri  jalan setapak   kita  bias  mendekat ke wilayah pesisirnya.  Hamparan  pasir di sini memang tidak  terlalu  panjang, namun memiliki   keindahan  tersendiri.  Ombaknya yang cukup besar sangat berbahaya bagi para pengunjung, oleh  karena itu pengelola tidak menyarankan  pelancong untuk   berenang. (E-001)***