Tips Mendeteksi Kamera Tersembunyi

25
Tips Mendeteksi Kamera Tersembunyi

KETIKA sedang menginap di hotel atau penginapan lainnya, sering kali pemilik penginapan memasang kamera tersembunyi dengan alasan untuk memantau properti mereka.

Namun, penggunaan kamera tersembunyi sebenarnya dilarang karena melanggar privasi. Sebelum menginap, pastikan ruangan terbebas dari kamera tersembunyi dengan cara-cara di bawah ini.

  1. Periksa seluruh area di ruangan

Sebelum menggunakan ruangan, ada baiknya memeriksa sekeliling terlebih dahulu. Cek tempat-tempat yang memungkinkan diletakkan kamera tersembunyi, misalnya seperti smoke detector, jam dinding, steker, stop kontak, pajangan dan lain-lain.

  1. Gunakan kamera depan ponsel

Umumnya kamera belakang ponsel memiliki inframerah yang dapat mencegah inframerah lainnya terdeteksi, sehingga diperlukan kamera depan untuk mencari kamera tersembunyi.

Buka aplikasi kamera di ponsel dan pastikan kamera depan dalam keadaan aktif. Matikan lampu atau tutup semua sumber cahaya yang masuk. Ruangan harus dalam keadaan gelap. Putar kamera depan mengelilingi area yang diduga terdapat kamera tersembunyi.

Jika terlihat benda yang bercahaya dari layar ponsel, kemungkinan benda tersebut adalah kamera tersembunyi.

  1. Gunakan detektor frekuensi radio

Alat ini berukuran kecil sehingga bisa dengan mudah dibawa bepergian. Namun, harganya terbilang cukup mahal. Detektor berfungsi untuk mencari sinyal seperti bluetooh atau wifi yang biasanya digunakan untuk mentransmisikan gambar dari kamera tersembunyi. Detektor akan berbunyi jika menemukan sinyal. (C-003/age)***