Merawat Mobil Putih Tetap Kinclong

110
Merawat Mobil Putih Tetap Kinclong

MOBIL kelir putih belakangan ini menjadi favorit. Warna ini dianggap memberikan kesan mewah dan elegan. Pasalnya, warna putih ini terlihat bersih, lebih natural, mewah, dan lebih keren. Namun, tak dapat dipungkiri warna putih akan lebih cepat kotor dan kusam bila tak mengerti cara perawatannya bukan ?

Padahal, warna terang seperti ini membutuhkan perawatan ekstra. Pasalnya, sedikit saja kotoran menempel maka akan terlihat jelas dan menjadi tidak sedap dipandang.

Dan salah satu yang kerap dialami mobil warna putih adalah efek menguning. Warna cat pada bodi mobil tidak lagi cerah dan cenderung kusam.

Banyak faktor penyebabnya, mulai dari pemakaian yang rutin, terlalu lama terpapar sinar matahari, debu, jamur, hingga jarang dicuci.

tak perlu khawatir lagi, berikut adalah beberapa cara agar mobil putih Anda tetap terlihat mengkilap.

  • Langsung Cuci Setelah Terguyur Air Hujan

Jika mobil putih terguyur air hujan, segeralah bersihkan dengan air bersih. Jangan biarkan air hujan atau lumpur menempel dan mengering di permukaan bodi. Karena hal ini, bisa menimbulkan bercak yang akan sulit dibersihkan.

  • Tidak Mencuci di Bawah Matahari Langsung

Hal ini penting dilakukan supaya sabun atau sampo mobil yang dipakai kering dengan cepat, dan akhirnya bisa menimbulkan bercak yang bisa merusak warna mobil putih yang Anda miliki.

  • Pakai Sabun atau Sampo Mobil yang Berkualitas

Jangan asal murah, tapi selalu pilih yang berkualitas. Sabun atau sampo yang tidak baik kualitasnya bisa menyebabkan timbulnya jamur pada permukaan cat dan kamur ini akan sulit dihilangkan jika terlalu lama dibiarkan menumpuk.

Jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan sampo atau sabun sendiri jika tempat pencucian mobil yang Anda datangi tidak memakai cairan pembersih yang berkualitas.

  • Pakai Kain dengan Daya Serap Tinggi

Saat selesai mencuci, segeralah mengeringkan sisa-sisa air yang ada di seluruh bagian bodi mobil. Untuk mengeringkannya, pakai kain yang punya daya serap tinggi agar seluruh sisa-sisa air dapat terseka dengan maksimal. Jika masih ada sisa air yang menempel di bodi mobil, segera keringkan lagi dengan kain halus.

  • Jangan Parkir Mobil di Luar Ruangan

Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya bila Anda menghindari memarkir kendaraan di tempat yang terpancar sinar matahari langsung agar warna mobil putih Anda tetap kinclong.

Apabila warna putih itu sudah menguning sukar dibersihkan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan treatment khusus seperti auto detailing dan coating.

Adi Purwanto selaku Account Executive Makko Group yang membawahi Topcoat menyampaikan, dalam proses perawatan ini ada beberapa tahapan yang dilakukan.

“Pertama dicuci dulu, kemudian auto detailing untuk menghilangkan semua kerak, debu, flek, jamur yang menempel,”.

“Kemudian masuk ke proses polish atau poles menggunakan kompon antara tiga sampai empat step. Nah proses ini yang mengembalikan warna cat seperti kembali ke semula.proses selanjutnya adalah coating untuk proteksi,” terang Adi. Dirinya menyebutkan, usia coating bisa bertahan hingga 5-6 tahun. “Dengan catatan maintenance rutin tiap enam bulan sekali,” ujarnya. (E-002)***