Super Jalapa Liga 3 Jabar Siap Kickoff

47
Super Jalapa Liga 3 Jabar Siap Kickoff

PASANG surut, di tengah minimnya prestasi sepakbola Indonesia serta berbagai ujian terus datang menghampiri, terutama kepada PSSI sebagai induk sepakbola tertinggi. Tapi tidak membuat  Asprov PSSI    pasif,  melainkan terus  menjalin kerja sama dengan Super Soccer yang kembali menggelar Kompetisi Liga 3 Jawa Barat Tahun 2019  dengan label “Super Jalapa Liga 3 Jawa Barat 2019 “  yang diikuti oleh 21 klub.

Bahkan ada hal yang baru di tahun 2019 ini, yaitu kompetisi Liga 3 Seri 1 menggunakan online sistem yang merujuk ke dalam SIAP (Sistem lnformasi dan Administrasi PSSI), sehingga tiap Klub melakukan pendaftaran pemain secara online, dan pengawas pertandingan juga akan melakukan kegiatan Iaporan pertandingan secara online.

Selain itu juga di Tahun 2019, Liga 3 Seri 1 menerapkan pendaftaran pemain secara transfer window, sesuatu yang belum pernah dilakukan di Jawa Barat, proses Transfer window pertama telah dibuka pada 7-17 Agustus 2019 dan transfer window kedua tanggal 15-25 September 2019 mendatang.

Pada kesempatan tersebut pihak panpel dan supersoccer sempat memberikan statement, ketika ditemui awak media pada sela-sela launching Super Jalapa Liga 3 Jawa Barat 2019 di Pendopo Papuri, diseputaran Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung pada Jum’at 16 Agustus 2019 lalu.

Laga Sudarmadi selaku Ketua PanPel Super Jalapa Liga 3 Jawa Barat 2019, memaparkan persiapan sudah matang,  klub peserta dan perangkat pertandingan sudah mengikuti workshop sebagai bekal menjalani kompetisi.

Super Jalapa Liga 3 Jabar Siap Kickoff

“Kompetisi Liga 3 Jabar siap digelar.Semua regulasi sudah kami paparkan,demi kompetisi yang bersih kami akan bertindak tegas terhadap mereka yang melanggar regulasi,” tandas Laga.

Dikki Dwi Saptono sebagai perwakilan dari pihak Supersoccer mengungkapkan event

ini merupakan tahun ketiga dari super soccer concern di persepakbolaan Indonesia khususnya Jawa Barat.

“Kita tahu Jabar  sebagai salah satu provinsi yang punya hasil pemain bola yang ada di Indonesia, mudah-mudahan menciptakan persepakbolaan  lebih aktif lagi karena  yang  pertama liga 3 yang berjalan menurut Ketua Asprov Jabar, ” ujarnya.

Super Jalapa Liga 3 Jabar Siap Kickoff

Sementara itu, reformasi kompetisi Liga 3 digulirkan di awal tahun 2019, melalui Rapat Exco pertama 2 Februari 2019 yang menyetujui ada 2 kasta kompetisi Liga 3. Maka dengan 2 kasta tersebut diharapkan tercipta peningkatan mutu kompetisi, mutu pengelolaan klub, pemain yang terbaik, pelatih yang berkualitas, dan eIit perangkat pertandingan. Untuk memastikan payung hukum, reformasi Liga 3 kemudian disahkan di Kongres Tahunan PSSI Jawa Barat, 27 April 2019 lalu.

Tommy Apriantono selaku Ketua Asprov PSSI Jawa Barat menyebutkan Super Jalapa Liga 3 Jawa Barat ini merupakan Liga 3 yang pertama berjalan di Indonesia di tahun ini, selain itu juga untuk memperlancar kompetisi, mereka menggandeng Tim Satgas Antimafia Bola Polda Jawa Barat.

“Dilibatkannya Satgas Anti Mafia Bola di lingkungan sepakbola Jawa Barat,  maka setiap pertandingan terbebas dari praktik suap dan kecurangan baik yang dilakukan oleh klub maupun perangkat pertandingan, serta kompetisi ini berjalan lancar dan bisa menghasilkan pesepakbola handal dari Jawa Barat,” ujarnya.

Untuk Kick off perdananya digelar pada 19 Agustus 2019 di stadion Kabupaten Sumedang dan serentak di wilayah region jabar lainnya. So Liga 3 Seri 1 ini jika tidak ada aral melintang dijadwalkan selesai pada bulan Oktober 2019 mendatang.   Bagi para supporter selamat menyaksikan serta dukunglah  terus tim kebanggaannya. (E- 009)***