Tauhid Adventure: Jalani Hobi Tidak Lupa dengan Ibadah

9
Tauhid Adventure: Jalani Hobi Tidak Lupa dengan Ibadah

MEMBANGUN persahabatan hingga menumbuhkan persaudaraan diwujudkan oleh komunitas yang mempunyai nama Tauhid Adventure. Proses perjalanan dalam kurun satu tahun lamanya, membuat komunitas ini tetap eksis dengan beberapa kegiatan rutinnya seperti berpetualang bersama, pengajian rutin hingga aksi bakti sosial.

Tepatnya 13 Agustus 2019 yang lalu, Tauhid Adventure bersama CV  Jaya Carbon baru saja menggelar kegiatan silaturahmi akbar “Adventure dan Kajian di Gunung bersama Ustd. Evie Effendi, yang berlangsung di Kampung Garung Cilengkrang atas Bandung Timur, Selasa (13/8) terbuka bagi  umum dan diikuti berbagai komunitas yang datang dari berbagai kota.

Sudah sejak pagi hari, para offroader tengah berkumpul untuk siap mengikuti perjalanan adventure, berjelajah bersama menyusuri kawasan pegunungan Manglayang. Para offroader dilepas secara bertahap dan langsung menyusuri kawasan Dano, Walungan hiji, Tanjungsari, dan Cipacet dengan menempuh karakter trek yang sangat variatif. Saat Adzan Dzuhur tiba, seluruh rombongan beristirahat sejenak di kawasan wisata Cipacet, dan secara bersama-sama melaksanakan Sholat Dzuhur berjamaah.

Perjalanan adventure yang cukup melelahkan bukanlah menjadi alasan untuk tidak bisa melaksanakan sholat berjama’ah. Patut diacungi jempol, dan hal ini menjadi tantangan tersendiri disaat menjalani hobi, mereka tak pernah meninggalkan ibadah sholat.

Setelah itu perjalanan adventure dilanjutkan kembali, seluruh rombongan Tauhid Adventure menyusuri kembali kawasan hutan gunug Manglayang untuk mengkahiri perjalanannya hingga tiba di Kampung Garung Cilengkrang atas Bandung Timur.

Tidak ada kesan ekslusif yang menjadi pembatas hubungan antar penghobi motor adventure ataupun yang lainnya. Dalam kegiatan silaturahmi akbar ini, mereka melebur menjadi satu, ibarat sebagai keluarga besar yang utuh, solid dan juga kompak. Kegiatan ini diisi pula dengan Tausyiah dari ustadz Evie Effendi . Para anggota komunitas yang hadir bersama masyarakat sekitar tetap setia untuk ikut mendengarkan Tausyiah Evie Effendi yang dibawakan dengan gaya yang santai dan juga humoris. Selain itu tak lupa dalam kegiatan ini memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar, dan diselingi dengan hiburan akustik dan diakhiri dengan sesi sharing santai antar komunitas.

“Acara ini dibuat untuk memperlihatkan kepada warga sekitar bahwa dari komunitas trail adventure tidak selalu merusak jalur, tetapi kita melakukan pengajian bersama, baksos, hingga silaturahmi bareng. Dalam menggeluti hobi jangan sampai Kita melupakan ibadah. kita berharap dengan Tauhid adventure ini sebagai  wadah dan sarana bersyiar Islam dan kerap memperlihatkan sisi menjadi contoh bagi mereka serta Memperlihatkan nilai-nilai yang positif. Kegiatan silaturahmi akbar dan pengajian ini akan terus digelar secara berkesinambungan,” ujar, Dicky Boi Sofyan, Founder Tauhid Adventure, yang didampingi oleh H. Vijay dari CV Jaya Carbon selaku pelaksana kegiatan.

Dalam momen silaturahmi ini Ustadz Evie Effendi mengatakan keberadaan Komunitas Tauhid Adventure ini luar biasa apapun pergerakannya atau hobinya harus melahirkan frekuensi positif, resonansi kebaikan, tidak merusak alam dan semuanya  tetap  satu dan bersaudara dalam satu frekuensi kebaikan.

Sebagai Informasi Tauhid Adventure mempunai filosofi Trail ulin, hiking dan Ibadah. Mereka Bergerak dari awal yaitu hobi beradventure. Tauhid Adventure menjadi wadah untuk bersilaturahmi, saling tolong menolong, dan mensyiarkan agama Islam,serta memperlihat sisi positif dari hobi adventure.

Walaupun baru dibentuk di akhir tahun 2018, Tauhid Adventure Anggotanya semakin berkembang dan bertambah. Mereka pantas mendapat apresiasi, ketika mampu menunjukkan kiprah dan kreativitasnya. Semangat persahabatan, silaturahmi dan kebersamaan, serta persaudaraan yang tulus tanpa ada perbedaan usia, status, gender, serta keberagaman lainnya, menjadi komunitas ini cukup solid. Bagi yang hendak bergabung tak ada syarat apapun, bisa langsung mendatangi workshop Distro Racing Sport (DRS) di depan Lapas Sukamiskin – Ujung Berung Bandung. Atau bisa follow Instagramnya @Tauhid_Adventure. (E-002)***