Penghasilan Youtuber & Selebritis Indonesia?

64

JIKA Anda termasuk orang yang suka berselancar di dunia maya, barangkali Anda akan tercengang-cengang dengan perkembangannya. Salah satu yang wow adalah munculnya akun-akun yang acap mengomentari pakaian yang hari ini yang Anda pakai.

Istilah kerennya adalah outfit of the day atau OOTD. Umumnya yang memantik perhatian adalah OOTD para pesohor.

Banyak situs fesyen di luar negeri yang mem-posting, dan mengupas OOTD, mulai model, editor fesyen, selebritis, penyanyi hingga fashionista. Situs Vogue UK semisal, me-review OOTD yang dipakai oleh para pesohor di sana dengan kanal Today I’m Wearing Fashion.

Model seperti Arizona Muse, Lara Mullen acap mengisi situs ini. Ada juga desainer fesyen Inggris Henry Holland, dan Mira Duma, editor Harper’s Bazaar Rusia tak lepas review OOTD mereka.

Indonesia tak ketinggalan. Banyak juga sih, website yang melakukannya. Hanya, pengamatan penulis, yang lebih banyak melakukannya adalah media sosial, utamanya di Instagram. Banyak bermunculan akun-akun Instragram yang khusus mengupas OOTD para selebriti Indonesia.

Coba ketik saja fashion diikuti dengan nama selebritas di Indonesia, sejurus kemudian akan muncul gaya pakaian sehari-hari selebriti pujaan, lengkap dengan ulasan harga outfit mereka.

Nah,  di antara para selebriti yang banyak sekali diulas gaya pakaian harian mereka adalah Gen Halilintar!

Ini adalah nama keluarga Indonesia yang memiliki jumlah keluarga lumayan banyak yakni sampai sebelas anak. Kisah pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk membesarkan anak, hidup nomaden dari negara ke negara hingga berpelesir ke 120 negara sampai pasang surut kehidupan mereka dari kaya, miskin hingga kembali jaya menjadi penarik luar biasa. Tak habis-habisnya, sepak terjang mereka dikupas oleh banyak media dengan aneka platform.

Menjadi semakin menarik, Gen Halilintar secara full team masuk ke YouTube. Konten-konten mereka merajai top trending di jagat maya khususnya YouTube. Tak pelak, gerak-gerik mereka memantik perhatian, termasuk gaya pakaian mereka alias OOTD.

Apalagi, Keluarga Gen Halilintar juga acap berpenampilan chic, unik dan menarik tak luput perhatian para netizen. Termasuk kegemaran mereka mengenakan barang keluaran dari brand-brand  ternama.

Atta Halilintar

Salah satu yang disorot adalah King of YouTube of Indonesia; Atta Halilintar. Apapun yang dikenakan Atta langsung memantik perhatian para netizen, termasuk para pemerhati OOTD Atta Halilintar.

Memiliki jumlah subscribers atau pelanggan sebesar 18.117.787, Jumat (2/8) sore. Atta bahkan  kini menjadi Youtuber nomor satu di Asia.  Dengan memiliki subscribers sebanyak itu, tak heran gerak gerik Atta selalu menjadi perhatian. Salah satunya ya OOTD Atta Halilintar.

Dalam Instragramnya, Atta sejatinya lebih banyak membagikan kegiatannya. Mayoritas kegiatannya adalah mengisi konten YouTube, mulai dari gerebek, sampai prank. Sesekali Atta juga membuat video atas kegiatannya.

Justru di sinilah menariknya. Dalam berkegiatan membuat konten, Atta acap menggunakan hoodie, jaket, sneaker atau aksesoris lainnya.

Dari sini juga, sebuah akun instagram @fashionattahalilintar memanfaatkan gaya dan pakaian hari ini alias OOTD Atta untuk mengisi konten dengan menakar harga outfit yang melekat dalam tubuh Atta.

Dalam laman fashionattahalilintar juga, Atta misalnya pernah menggunakan  snekear Rivoli bikinan Louis Vuitton.  Dari situs si brand ketahuan harga boots yang dipakai Atta yakni Rivoli Sneaker Boot seharga US$ 895. Dengan kurs rupiah Rp 14.200 per dollar Amerika Serikat (AS), harga sepatu ini setara Rp 12,72 juta. Tak hanya itu, dalam sebuah kegiatan, Atta juga mengenakan ikat pinggang Initiales keluaran Louis Vuitton seharga Rp 11 juta.

Tak hanya melengkapi dirinya dengan sneaker mahal, Atta juga melengkapi aksesoris mobilnya dengan barang mahal. Ia misalnya, menggunakan velg SP 16R22 dengan harga setara Rp 213,75 juta. Yang juga wah, dengan Atta sempat memamerkan jam tangannya Patek Philippe Nautilus 5712R-001. Harganya Rp 1,3 miliar.

Wajar Atta menikmati outfit atau OOTD-nya dengan barang-barang mahal.  Penghasilannya dari YouTube juga terbilang luar biasa. Saat artikel ini ditulis, Atta telah meng-upload 566 konten video, dengan jumlah penonton alias views 1,56 miliar.

Socialblade menghitung, penghasilan Atta mencapai US$ 26.600 sampai US$ 425.300. penghasilan Atta dengan rupiah Rp 14.200 sebulan diestimasi Rp 377,72 juta sampai Rp 6,01 miliar. Dalam sebulan, misalnya, konten Atta mampu membetot 106.315.200 orang!

Padahal itu bukan satu-satunya penghasillan Atta, lo. Masih ada iklan yang selalu membuntuti konten-konten Atta di channel YouTube. Belum lagi Atta  juga memiliki clothing line sendiri dengan Atta Halilintar Habit alias AHHA.

Lalu, ia juga punya AHHA Publishing. Keluarga Atta juga termasuk yang sering mengeluarkan buku. Mayoritas sang ibu, Geni Faruk  yang mengeluarkan karya. Hanya Atta juga tak mau kalah dengan menulis kisah jatuh bangun hidupnya.

Lewat teriakan hits yang acap terlontar dari mulutnya,  Ashiaaap, Atta juga menelurkan kue-kue kekinian dengan merek yang sama Ashiaaap! By Atta Halilintar.

Saaih Halilintar

Baru-baru ini, outfit  Saaih,  adik dari King of Youtuber Indonesia, Atta Halilintar juga menarik perhatian netizen setelah postingan viral yang membahas aksesoris yang ia pakai. Pemantiknya, Saaih Halilintar membagikan fotonya dirinya yang akan berangkat sekolah dengan seragam putih-abu abu di Instagram, lengkap dengan aksesoris.

Unggahan tersebut langsung memantik perhatian netizen. OOTD Saaih ke sekolah mengundang perhatian lantaran akseroris branded yang ia kenakan. Akun Instagram @fashionsaaihhalilintar pun merangkum harga aksesori yang dipakai Saaih Halilintar itu, mulai dari ikat pinggang, sepatu, tas, jam tangan, hingga jaket.

Ada empat brand ternama yang melekat di tubuh Saaih mulai dari Gucci, Hermes, Louis Vuitton, dan Balenciaga. Pertama, jaket Gucci seharga Rp 33,5 juta. Saaih juga memakai ikat pinggang dari brand Louis Vuitton seharga Rp 25,6 juta. Pergelangan tangan kanan Saaih berhiaskan jam tangan mewah kolaborasi Apple dengan Hermes yang dijual dengan harga Rp 21,3 juta.

Adapun di tangan kirinya, Saaih Halilintar membawa tas pinggang keluaran Gucci yang dibanderol Rp19,3 juta. Adapun untuk sepatu hitam Balenciaga yang dia kenakan senilai Rp 12,7 juta

Jika dijumlah keseluruhan, aksesoris yang dikenakan Saaih Halilintar itu mencapai lebih dari Rp 112,55  juta.

Saaih tak melulu selalu branded, ia juga acap memakai kaos dengan harga Rp 100.000 sampai Rp 300.000. Hanya saja, jika ngepoin OOTD Saaih di Instagram, Saaih memang acap menggunakan barang bermerek seperti sneakers keluaran Balenciaga dengan kisaran harga di atas Rp 12 juta.

Adapun harga jaket Saaih Gucci seri Black Spiritismo Windbreaker dibanderol dengan harga US$ 2.350 atau setara sekitar Rp 33 juta dengan kurs Rp 14.200.

Lantas dari mana Saaih Halilintar bisa membeli barang-barang branded nan mahal itu? Tak ada keterangan resmi dari bocah yang masih duduk di SMA ini.

Yang jelas, seperti juga kakaknya Atta Halilintar, Saaih Halilintar juga memiliki akun YouTube dengan pelanggan atau subscribers sebanyak 7,62 juta.

Jika merujuk hitungan Socialblade, penghasilan Saaih per bulan di kisaran US$ 21,600 sampai US$ 346.200.

Dengan  kurs Rp 14.200, penghasilan bulanan Saaih berkisar Rp 306,72 juta sampai Rp 5,21 miliar per bulan. Dengan penghasilan semantap itu, Saaih sepertinya sah dan boleh saja membeli barang-barang branded untuk melengkapi penampilan hariannya alias OOTD, kan?

Syahrini

Salah satu yang acap dipelototi gaya pakaian hariannya alias OOTD-nya adalah Syahrini dan keluarganya.   Penyanyi  yang terkenal dengan suara manja serta joke-jokenya yang menghibur banyak orang juga memiliki gaya busana yang wah.

Setiap keluar rumah, penyanyi ini selalu menggunakan busana mewah hingga ratusan juta rupiah. Salah satu yang memantik perhatian adalah perjalanan sang penyanyi saat liburan ke luar negeri. Akun fashionsyahrini yang acap menakar harga outfit sang penyanyi mengungkapkan harga OOTD Syahrini.

Menguplod 1.369, akun ini banyak menakar harga OOTD Syahrini. Salah satu yang fenomenal, adalah pernah suatu waktu, Syahrini mengenakan busana lengkap dengan total kopral seharga Rp 2 miliar. Wow!

Dari rinciannya pakaiannya, ia memakai jaket musang dari Moncler seharga Rp 28 juta. Ia juga melengkapinya dengan sweater turtleneck hitam dari Wolford seharga Rp 4 juta, tas Hermes Kelly 25 GHW Crocodile Bag seharga Rp 851 juta.

Cukupkah? Belum, jangan tangan yang dipakai Syahrini dari City Cadet Coquette dari deLaCour seharga Rp 1 miliar, kacamata oversized square dari Gucci yang dibanderol seharga Rp 11 juta, adapun ikat pinggang kulit dari Balmain: Rp 14 juta serta  sepatu boots dari Charlotte Olympia seharga Rp 8 juta. Total kopral, OOTD penyanyi yang baru saja berulang tahun 1 Agustus lalu senilai Rp 2 miliar.

Oh iya, City Cadet Coquette merupakan salah satu koleksi jam tangan mewah nan mahal dari Syahrini, koleksi lain yang terpampang nyata di Instragram sang penyanyi @princessyahrini juga acap menggunakan jam tangan merek lain seperti Rolex yang harganya juga wah.

Tak hanya itu saja, alas kaki atau harga sepatu Syahrini juga di atas Rp 10 jutaan. Misalnya, Beverly Mules seharga Rp 13,77 juta, ada juga Manolo Blahnik yang harganya di atas Rp 13 juta. Aksesoris lain yang acap dipakai penyanyi ini adalah kacamata. Salah satunya Color Quake 3 Aviator Shield Sunglasses seharga Rp 6,09 juta sampai On Pedder seharga di atas Rp 5 juta.

Yang juga tak luput dari perhatian adalah kegemaran sang artis ini menggunakan tas Hermes. Penyanyi ini acap menenteng tas Hermes aneka bentuk dan warna. Hermes Birkin 30 Crocodile seharga US$ 68.828, ada juga tas Hermes Fuschia Pink Ostrich Birkin Bag setara harga mobil di atas Rp 300 juta. Dalam sebuah kesempatan di sebuah acara TV, Syahrini sempat memperlihatkan koleksi tasnya yang sampai puluhan.

Lantas dari mana Syahrini mampu menggunakan OOTD-nya dengan barang-barang branded tersebut? Dalam sebuah acara talkshow  Hotman Paris, Syahrini dan manager yang juga adik sang penyanyi, Aisyahrani menyebut deretan bisnis mereka dari properti, bulu mata, kue serta undangan manggung yang luar biasa padatnya.

Saking padatnya, ia harus menyewa pesawat pribadi, hingga helikopter. Tak ketahuan besaran penghasilan Syahrini, yang jelas “Kami tertib bayar pajak,” ujar Aisyahrani dalam acara talkshow itu beberapa waktu lalu.

Syahrini bukan satu-satunya yang juga tampil wah, lo. Sang manager sampai ibu Syahrini juga acap menggunakan barang-barang branded.

Nagita Slavina dan Raffi Ahmad

Penyanyi, pemain film dan sinetron Nagita Slavina juga menjadi sasaran para pemilik akun fesyen untuk menakar harga outfit atau OOTD Nagita Slavina. Acap tampil simple berkesan sederhana, harga OOTD Nagita atau biasa dipanggil Gigi ini tak sederhana alias mahal.

Baru-baru ini, istri dari Raffi Ahmad ini mengadakan konser bersama penyanyi Marcel Siahaan dan kawan-kawan. Saat di panggung, Gigi menggunakan long printed dress atau gaun panjang keluaran Sandro Paris US$ 520 atau setara Rp 7,2 juta.

Di laman Instragram akun yang menakar harga OOTD Nagita, pro dan kontra mencuat atas pakaian OOTD Nagita saat konser yang dianggap terlalu sederhana. Namun, tak sedikit pencinta Lady Gigi yang memuji penampilan Gigi yang sederhana itu.

Hanya jika menelisik lebih jauh, harga OOTD Nagita saat latihan sejatinya lebih mehong alias mahal. Saat latihan Gigi tertangkap kamera menggunakan hoodie kuning kehijau-hijauan keluaran Balenciaga, World Food Programme seharga US$ 790 atau sekitar Rp 11 juta.

Saat bepergian, Gigi juga menggunakan OOTD dari Burberry, Cut-out Icon Stripe Silk Oversized seharga  US$ 1.750 atau sekitar Rp 24 juta. Itu baru dari OOTD baju.

Aksesoris lainnya seperti jam tangan, tas, high heel sampai sneakers Gigi juga mahal. Dia juga pencinta Rolex.

Salah satu jam tagan yang acap dia pakai adalah Rolex Day Date II Rose Gold Watch yang menurut worldbest.com seharga US$ 40.550 atau berkisar Rp 575,4 juta. Dia juga pernah tertangkap kamera dengan menggunakan jam tangan Double Tour Hermes seharga US$ 1.250 atau berkisar Rp 17,1 juta.

Koleksi tas Gigi juga terbilang wah. Kebanyakan dari butik luar negeri ternama, seperti Hermes, Chanel, Fendi. Harganya dari Rp 38 juta sampai setengah miliar. Baru-baru ini, Gigi mengenakan waist bag mungil dari Chanel seharga Rp 38,9 juta. Lain kesempatan, Gigi juga menyandang tas Hermes seharga Rp 305 juta.

Raffi Ahmad sang suami yang punya koleksi yang wah. Dengan penampilan yang juga tak kalah simpelnya dengan sang istri, Raffi juga acap menggunakan jam tangan yang harganya juga tak kalah wah dengan OOTD sang istri.

Kecintaannya akan mobil sport berharga miliaran menjadi salah satu bukti yang nampak. Koleksi lain yang juga menampilkan kelas Raffi adalah jam tangan. Ia acap memakai Rolex Submariner seharga Rp 149 juta. Ini bukan satu-satunya koleksi Rolex Raffi.  Dalam acara formal, ia juga nampak mengenakan Rolex President Date 18348 yang dibanderol dengan harga Rp 195 juta.

Jika dalam acara-acara santai Raffi juga acap menggunakan Grande SW Mens dari JaquetDroz seharga Rp 260 juta. Ada juga Vacheron Constantin Overseas Chronograph dengan harga di atas Rp 300 juta. Ada juga jam tangan Raffi lainnya Audemars Piguet senilai Rp 642 juta. Yang juga wah, Raffi pernah menggunakan jam tangan Richard Mille RM 52-01 Skull Tourbillon dengan harga di atas Rp 10 miliar.

Itu belum termasuk koleksi sepatu Raffi dan Nagita. Raffi acap menggunakan sepatu dari Adidas, Balenciaga, Valentino, hingga Christian Louboutin untuk OOTD-nya. Harganya mulai dari mulai dari Rp 1 juta sampai puluhan juta. Pun dengan Gigi yang mengoleksi sneakers sampai high heel dari rumah butik ternama luar negeri.

OOTD Raffi dan Nagita barangkali sebagai bentuk ekspresi menikmati jerih payah keduanya. Work hard, play hard barangkali kutipan yang acap terlontar dari mereka.

Masuk dunia entertainment dalam usia belia, Raffi membintangi puluhan sinetron, pun dengan Nagita. Karier Raffi dan Nagita terus melesat hingga saat ini. Selain sinetron, film, menyanyi, produsen, pengusaha sampai YouTuber adalah deretan pekerjaan mereka.

Berapa penghasilan Raffi dan Nagita untuk memenuhi OOTD mereka? Yang jelas, dalam sebuah wawancara The Sunkar Family, Raffi bercerita, selama Ramadan beberapa bulan lalu, dia memegang  tujuh acara.

Atas kerja kerasnya itu, ia menerima bayaran Rp 101 juta per episode. Dengan tujuh program, ia mendapatkan lebih dari Rp 700 juta. “Dipotong pajak,” ujar Raffi saat wawancara di kanal YouTube keluarga Sunkar. Jika dikalikan 30 hari, pendapatan Raffi bisa sampai Rp 24 miliar hanya selama Ramadan.

Padahal, itu bukan satu-satunya penghasilan Raffi Ahmad. Raffi juga memiliki sederet usaha dari usaha gerai ayam,  ia juga punya clothing line RAJ, punya production house yang memproduksi film dan konten-konten YouTube Rans Entertainment.

Dari YouTube, penghasilan Raffi dan Nagita juga tak bisa dibilang remeh. Socialblade menakar, dengan pelanggan atau subscribers mencapai 9,31 juta, pada hari Sabtu, pukul 18.01 PM, lewat Rans Entetainment, Raffi yang menguplod 723 video di akun yang dia bikin  27 Desember 2015, Raffi bisa mengantongi pendapatan berkisar US$ 25.000 sampai US$ 400.000 per bulan.

Dengan kurs rupiah Rp 14.200, Raffi bisa meraup kocek Rp 355 juta sampai Rp 5,68 miliar sebulan. Adapun secara tahunan, pendapatan Raffi bisa sampai US$ 300.500 sampai US$ 4,8 juta.

Penghasilan ini baru dari YouTube. Jika rajin menengok konten Raffi, aneka produk ikut meng-endorse konten Raffi dan Nagita. Ada juga iklan yang acap berseliweran di konten YouTube Rans Entertainment.

Jika kemudian pesohor itu mengenakan barang-barang mahal, itu tak lepas dari usaha mereka di bidang-bidang yang jadi jagoan mereka. (C-003/BBS)***