Bangunan Rusak Berat, Siswa Belajar Di Teras Sekolah

10

Tiga ruang belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri Jayamekar Kecamatan Sindang Barang Kabupaten Cianjur, kondisi nya rusak berat. Aktivitas belajar mengajar pun, dilakukan di teras sekolah, pasalnya  khawatir bangunan bagian atap sekolah roboh saat belajar .

Seperti inilah kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri Jayamekar, di Desa Muara Cikadu, Kecamatan Sindang Barang, Kabupaten Cianjur. Kondisinya sangat memprihatinkan, pasalnya kerusakan mengancam keselamatan siswa.

Sebanyak 3 ruang belajar mengajar, kondisi bangunannya sudah rusak parah, sehingga tidak layak untuk digunakan. Untuk aktivitas belajar mengajar, siswa kelas 4 hingga kelas 6 dilakukan di teras sekolah, karena jika dipaksakan belajar diruangan yang rusak, khawatir bangunan sekolahnya roboh.

Siswa SDN Jayamekar – Siti Ranti mengaku takut bangunan sekolahnya roboh, jika belajar didalam ruang kelas. Siti Ranti dan siswa lainnya berharap agar bangunan sekolah secepatnya diperbaiki, agar aktivitas belajar mengajar bisa nyaman.

Pihak sekolah menyatakan, sudah beberapa kali melaporkan kondisi bangunan sekolah ke Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, namun hingga kini belum ada realisasi untuk segera diperbaiki. Padahal, bangunan sekolah yang berdiri sejak tahun 1982 ini, merupakan sekolah favorit bagi warga setempat, namun kini justru kondisinya sangat memprihatinkan.

Siswa dan siswi di sekolah tersebut, banyak yang pindah ke sekolah lainnya, lantaran mereka ketakutan sekolahnya akan roboh. sekolah tersebut, kini jumlah siswanya hanya 72 orang.

Siswa dan staf pengajar disekolah tersebut berharap, pemerintah segera memperbaiki atau membangun ruangan yang baru, agar aktivitas belajar pun bisa nyaman .

Heri Setiawan , Bandung Tv