Melihat Aktivitas di Kampung Nelayan  Pantai Solikin Indramayu

85

     Mengunjungi pantai utara Jawa bagi saya merupakan pengalaman yang menyenangkan,salah satu wilayah pantai utara yang saya kunjungi adalah  wilayah Kabupaten Indramayu. Penduduk Kabupaten Indramayu merupakan campuran antara suku Sunda dan Jawa sehingga budaya yang tumbuh dan berkembang merupakan bentuk implementasi ekspresi masyarakat setempat yang dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa dan Sunda sehingga bentuk kebudayaannya merupakan merupakan akulturasi dari kedua kebudayaan  tersebut . Salah satunya ialah upacara Nadran yang merupakan cerminan dari sebuah hubungan manusia dengan sang pencipta berupa ungkapan rasa sukur akan hasil bumi, khusunya tangkapan ikan dan mengharapkan akan meningkat lagi  masa mendatang serta dijauhkan dari bencana dan mara bahaya saat mencari nafkah di laut. Umumnya upacara adat Nadran  diselenggarakan  antara bulan Oktober sampai Desember di Pantai Eretan, Dadap, Karangsong, Limbangan, Glayem, Bugel dan Ujung Gebang.

Secara geografis kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon ini banyak memiliki potensi wisata alam terutama di kawasan pantai. Dari sekian banyak hamparan pantai di Kabupaten Indramayu , salah satu yang saya kunjungi adalah Pantai Solikin. Secara administratif masuk ke wilayah Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur,sekitar 39 km ke arah barat dari Alun-alun Indramayu. Pantai Solikin berbatasan dengan Desa Eretan Wetan dan Desa Ilir Kandanghaur.

          Pantai ini masih sangat asri , untuk  menuju ke pantai ini hanya bisa dilalui  kendaraan roda dua dari jalur Pantai Utara Jawa.Sebelum sampai lokasi kita akan disuguhi berbagai macam pemandangan khas kampung nelayan,mulai dari rumah dengan pemandangan aneka pengolahan ikan, nelayan yang memperbaiki jaring, hingga para nelayan yang mempersiapkan perahu untuk melaut.Satu hal unik lainnya sebelum sampai lokasi ialah adanya kawasan hutan Mangrove. Sesampainya di area pantai cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan,pertama tentu saja menikmati panorama alam pantai , melihat deburan ombak,bermain  dipasir, hingga melakukan aktivitas dengan air laut.

       Tidak seperti kawasan selatan Jawa yang dikenal dengan ombaknya yang besar,kawasan pantai utara Jawa ombaknya relatif tenang. Oleh karena itu aktivitas di sepanjang pantai relatif aman dilakukan namun tentu saja kewaspadaan harus tetap dilakukan. Hal ini  mutlak sebab semua aktivitas di alam terbuka memiliki resiko kecelakaan.Fenomena menarik lainnya di pantai ini ialah menikmati matahari terbit serta tenggelam dari satu titik lokasi .Aktivitas tersebut menjadi favorit para pelancong yang mengunjungi pantai .Untuk para pelancong masih didominasi oleh warga seputar Indramayu,namun adakalanya para pelancong dari luar Indramayu mengunjungi kawasan pantai tersebut. (E-001) ***