Nikmatnya Pindang Gombyang Menu Masakan Khas Indrmayu

21

Salah satu makanan yang memiliki  gizi  tinggi salah satunya berasal dari ikan laut yang identik dengan kecerdasan dan pertumbuhan. Nilai gizi yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk tubuh. Gizi utama yang terdapat dalam ikan laut adalah Omega 3, Omega 6, vitamin B kompleks, Vitamin D, Vitamin A, Taurin dan Selenium. Ikan laut juga memiliki kadar lemak yang rendah, hingga bagi yang sedang diet, ikan laut merupakan alternatif yang terbaik untuk memenuhi asupan protein.Kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan laut sangat banyak, sehingga begitu penting untuk tubuh manusia. Untuk itu jenis makanan ini harus sering disajikan dalam menu makanan sehari-hari keluarga terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Kehidupan masyarakat di Kabupaten Indramayu tidak bisa lepas dari laut. Posisi wilayah  yang berada di daerah pesisir utara Provinsi Jawa Barat membuat sebagian besar masyarakat di sana bergantung hidup dan mencari makan di lautan.Dengan melimpahnya hasil laut, tentunya melimpah juga makaan khas Kabupaten Indramayu yang berbahan dasar hasil laut . Salah satunya adalah pindang gombyang yang sudah melegenda.Pindang gombyang cukup unik karena rasanya yang menyegarkan. Namun  siapa sangka, makanan yang kini bernilai ekonomis tinggi ini dahulunya tidak diminati. Gombyang adalah makanan yang terbuat dari kepala ikan manyung atau  jambal. Di Indramayu memang banyak pembuat ikan asin jambal roti. Hampir di setiap pesisir, para pembuat ikan asin mudah untuk ditemui.

Kepala Ikan Manyung biasanya tidak bisa dimanfaatkan untuk ikan asin , kepala ikan ini sebelumnya merupakan limbah sisa pembuatan ikan asin jambal roti. Untuk memanfaatkan kepalanya yang panjang dan cukup besar, akhirnya penduduk Indramayu yang umumnya tinggal dekat pantai dan bermata pencaharian nelayan, mengolahnya menjadi olahan ikan laut bernama pindang gombyang. Jika dilihat selintas, kuliner yang satu ini seperti gulai. Untuk rasa, kuliner yang satu ini cukup kaya rasa. Bahan bumbu yang digunakan untuk masakan ini adalah kunyit, jahe, kemiri, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan beberapa jenis bumbu lain. Untuk menambah segar rasa masakan , belimbing wuluh sengaja ditambahkan.

Ternyata olahan ini menjadi masakan khas Indramayu yang banyak digemari, tidak saja oleh penduduk asli Indramayu. Sejak tahun 2000 sampai sekarang, pindang gombyang bisa ditemui di kedai dan rumah makan sepanjang jalur Pantura. Makanan ini cukup murah satu porsi dibandrol rata-rata seharga Rp 15.000,00.Menikmati pindang gombyang bersama nasi putih hangat dan segelas es teh manis merupakan sensasi yang luar biasa.Para penikmat kuliner pindang gombyang bukan hanya warga Indramayu saja,masyarakat yang kebetulan melintas jalan raya Pantura kerap kali menyantap hidangan ini karena rasanya yang lezat serta harganya relatif terjangkau. (E-001) ***