Pesona Waduk Cipancuh Perairan Yang Dibangun Tahun 1927

65

Masih berpetualang di wilayah Indramayu , kami selain mengunjungi wilayah pantai dan mencicipi pindang gambyong , juga mengunjungi Waduk Cipancuh (Situ Cipancuh atau Bendungan Cipancuh) yang terletak di Desa Situraja, Kecamatan Gantar. Waduk yang memiliki luas area 700 hektare ini dibangun pada tahun 1927 oleh pemerintah Hindia Belanda dan pernah mengalami rekonstruksi tanggul pada tahun 1972. Waduk Cipancuh mempunyai manfaat yang cukup besar bagi masyarakat sekitar. Fungsi utama waduk untuk menampung air pada musim hujan dan mengalirkannya ke sungai dan irigasi di sekitarnya. Kapasitas air di waduk yang mencapai jutaan meter kubik , mampu mengairi area persawahan di lima wilayah kecamatan di Indramayu Barat (Gantar, Haurgeulis, Kroya, Anjatan dan Bongas).

Ketika musim kemarau, beberapa penduduk sekitar juga memanfaatkan lahan kosong dipinggiran waduk untuk bercocok tanam. Permukaan tanah yang tetap lembab menjadikan area dipinggiran waduk tetap subur dan cocok untuk pertanian.Selain fungsi utamanya sebagai sumber pengairan  irigasi pertanian, Waduk Cipancuh juga dikenal karena keindahan panorama alamnya. Posisi tepian waduk yang berada diatas area pesawahan masyarakat menjadikan daya tarik sendiri, ditambah pemandangan hamparan air yang luas dengan latar belakang Gunung Tampomas dan Pegunungan Tangkuban Parahu – Burangrang dari kejauhan.

Obyek Wisata Waduk Cipancuh adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.Obyek Wisata Waduk Cipancuh di Gantar  Indramayu memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di  indramayu tidak mengunjungi wisata waduk yang mempunyai keindahan  yang tiada duanya tersebut.Obyek Wisata Waduk Cipancuh di Gantar   sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional atau hari ibur lainnya.

Fasilitas penunjang wisata sudah tersedia cukup lengkap,mulai dari tempat parkir sarana ibadah hingga aneka  kuliner.Cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh pelancong ditempat ini,dari sekedar menikmati panorama alam , mengabadikan berbagai spot menarik dengan  kamera atau melakukan swafoto dengan latar waduk. Para pelancong biasanya datang dari wilayah seputaran Indramayu,bahka ada juga pelancong dari daerah lain .Hal ini bisa dimaklumi karena lokasinya sangat mudah di akses.Selain itu keadaan daerah Indramayu yang cukup panas membuat berwisata ke daerah daerah dengan pemandangan alami sangat diminati.

Apabila tertarik dengan atraksi budaya , pada  bulan – bulan tertentu masyarakat Indramayu melaksanakan berbagai upacara , antara lain  Sedekah Bumi Adalah upacara yang dilaksanakan oleh petani pada saat akan menggarap sawah.  Biasanya dilakukan pada awal musim hujan, sekitar bulan Oktober atau Desember. Prosesi upacara ini biasanya dimulai dari berkumpulnya masyarakat disuatu tempat dan melakukan doa bersama. Selain itu saat panen tiba mereka pun melakukan upacara Mapag Sri ,  upacara yang dilaksanakan dengan tujuan untut mengungkapkan rasa syukur kepada sang pencipta atas tibanaya masa panen, dengan cara menggelar kesenian wayang kulit sehari semalam dengan lakon khusus dan biasanya dilaksanakan di balai desa. (E-001) ***