Lindungi Mobil dari Pancaran Sinar Matahari

178

Mobil yang sering terpapar langsung sinar matahari tanpa disadari dapat merusak mobil secara perlahan. Panas dan sinar UV yang ada pada sinar matahari bisa membuat bagian eksterior dan interior mobil mengalami penurunan kualitas.

Terlebih apabila mobil sering digunakan pada tengah hari dengan cuaca Indonesia yang terik. Tentunya, akan mempercepat proses kerusakan pada mobil.

Beberapa kerusakan yang mungkin terjadi, antara lain karet wiper mobil dan setir yang menjadi getas, cat bodi menjadi kusam dan memudar dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi kendaraan dari kerusakan akibat sinar matahari.

  1. Parkir di tempat teduh

Parkir di tempat yang teduh tentunya menjadi cara yang paling mudah untuk mengurangi paparan sinar matahari pada mobil Anda.

Usahakan untuk sesering mungkin memarkirkan mobil di tempat tertutup atau apabila berada di-outdoor bisa mencari tempat yang tertutup bayangan, seperti di bawah pohon.

  1. Pasang kaca film

Kaca film merupakan perlindungan utama pada bagian interior mobil agar tidak mudah terdampak efek sinar matahari.

Terdapat beberapa spesifikasi yang penting untuk memilih kaca film salah satunya seperti nilai TSER (Total Solar Energy Rejected) atau kemampuan untuk menangkal panas matahari, semakin tinggi nilainya akan semakin baik.

  1. Gunakan penutup kaca mobil

Ketika memang harus memarkirkan mobil di tempat yang terkena sinar matahari, ada baiknya untuk menggunakan penutup kaca mobil untuk mengurangi masuknya sinar.

Tidak hanya untuk kaca depan, tersedia pula penutup kaca yang dapat dipasangkan pada kaca-kaca samping.

  1. Beri lapisan pada cat mobil

Salah satu cara untuk melindungi cat mobil dari sinar matahari adalah dengan memberikan perlindungan melalui wax, sealent atau coating.

Tak hanya melindungi cat mobil, pemberian lapisan tersebut juga mampu memberikan kesan baru dan mengkilap.

  1. Periksa berkala radiator mobil

Dalam cuaca panas air radiator akan lebih cepat menguap dibandingkan dengan cuaca normal. Cek secara berkala radiator anda agar tidak kekurangan cairan yang bisa menyebabkan overheat pada mesin mobil. (E-002/BBS)***