Pengurus IKANO UNPAD 2019-2023 Resmi Dilantik

61

Akhirnya ketua IKANO UNPAD yaitu Dr. Ranti Fauza Mayana, SH. bersama jajaran anggotanya resmi dibentuk dan dikukuhkan oleh Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum UNPAD Agus Santoso dihadapan para wakil dari Rektorat UNPAD, Dekan Fakultas Hukum, serta para notaris yang hadir di Ballroom Hotel Aryaduta Bandung.

Pelantikan pengurus IKANO UNPAD ini adalah untuk periode empat tahun kedepan, yakni tahun 2019-2023. Seremoni pelantikan ini diawali dengan prosesi upacara adat berupa pagelaran budaya dan tarian tradisional khas Jawa Barat, yang sekaligus bertujuan untuk memperkenalkan serta melestarikan budaya tradisional khas Tanah Pasundan.

Jumlah pengurus menjadi lebih banyak dan terbagi dalam 27 bidang, di antaranya adalah bidang organisasi, hubungan antar lembaga, bidang pendidikan dan latihan, serta bidang pembinaan hingga kaderisasi.  Seluruh pengurus menyatukan niat serta tekad bersama dalam mewujudkan visi dan misi guna mewujudkan kinerja yang maksimal.  Salah satunya adalah, memberi kontribusi demi kemajuan Fakultas Hukum UNPAD, sekaligus meningkatkan kualitas dan integritas profesi Notaris maupun PPAT. Pada dasarnya, sikap optimisme terhadap tujuan tersebut harus terus berkembang dan tetap terpelihara.

Tujuan lainnya yang tak kalah penting adalah, IKANO UNPAD harus mampu meningkatkan dan mengembangkan rasa kebersamaan,  serta  memiliki posisi yang jelas dalam memberikan kontribusi serta manfaat bagi kepentingan bersama. Solidaritas di  antara sesama anggota harus terus dibina.  Dalam internal organisasi, seluruh anggota selalu siap mempertahankan kebersamaan dan menjaga motivasi, agar tetap bersemangat dalam menjaga utuhnya ikatan antar Notaris di dalam wadah IKANO UNPAD.

Dalam pidato sambutannya, Dr. Ranti Fauza Mayana selaku ketua IKANO UNPAD mengatakan, IKANO UNPAD bisa menjadi wadah pemersatu Notaris se-Indonesia, yang mana juga harus memiliki rasa cinta terhadap almamaternya, serta mempunyai tekad untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri, dan mendorong peningkatan keilmuan maupun praktikal, yang dibarengi dengan menjunjung tinggi integritas etika profesi.

Agenda IKANO UNPAD selanjutnya adalah, rapat kerja untuk mengesahkan program kerja, serta melaksanakan kegiatan di bidang keilmuan maupun kegiatan yang bersifat paguyuban, seperti kegiatan olahraga hingga pelatihan, serta diklat-diklat untuk menambah tingkat intelektual para anggotanya.

“Diharapkan adanya solidaritas yang terbentuk di dalam kepengurusan baru, serta adanya sumbangsih terhadap masyarakat, bangsa dan negara lewat ilmu pengetahuan yang dimiliki.  Awal yang baik dan dilakukan dengan baik pula, maka hasilnya pasti akan baik,” ujar Badar Baraba, SH.,MH., sebagai Ketua Dewan Penasehat IKANO UNPAD.

Herdimansyah, selaku Ketua IKANO UNPAD periode sebelumnya juga mengharapkan, agar ada kesinambungan antara Ketua Umum yang lama dengan Ketua Umum yang baru, dengan saling berkoordinasi. Terlihat adanya regenerasi di dalam kepengurusan, dengan merangkul alumni-alumni notariat yang lebih muda. Hal ini merupakan sinyal yang baik untuk regenerasi IKANO UNPAD kedepannya, agar mempunyai semangat baru, serta bisa lebih baik dan lebih maju lagi.

Berbagai kegiatan telah dilakukan, termasuk nantinya secara berkesinambungan akan menggelar acara seminar-seminar nasional, yang berkaitan dengan profesi Notaris dan PPAT.  IKANO UNPAD merupakan wadah komunikasi antar alumni yang bersifat kekeluargaan, mandiri, bermartabat dan bermanfaat, baik bagi alumni itu sendiri maupun masyarakat.  Keberadaan IKANO UNPAD ini begitu besar manfaatnya dalam membangun dan membina hubungan kekeluargaan yang erat di antara sesama alumni, maupun antara alumni dengan seluruh komponen masyarakat, demi mewujudkan interaksi serta sinergi yang positif.

(E-002)***