CEO Mozilla Mengundurkan Diri

21

CHRIS Beard mengumumkan bakal mengundurkan diri pada akhir tahun 2019 setelah lima tahun menjadi CEO Mozilla. Dia menggantikan Brendan Eich yang juga mengundurkan diri karena tersandung masalah politik 2014.

Beard pertama kali bergabung dengan Mozilla tahun 2004 saat perusahaan berhasil mengalahkan situs pencarian milik Microsoft, Internet Explore. Lalu tahun 2013, dia dipercaya untuk menduduki posisi sebagai Chief Marketing Officer Mozilla dan satu tahun berikutnya menjadi CEO Mozilla.

Di bawah kepemimpinan Beard, Mozilla pernah menghentikan proyek besar seperti sebuah sistem operasi buatan sendiri yakni Firefox OS yang dirancang untuk bersaing dengan Android dan perangkat lunak iOS seperti dilansir CNET.

Meskipun Firefox OS didukung sejumlah operator telekomunikasi dan pembuat handset namun perusahaan menilai dukungan ini cukup berhasil membuat Firefox OS melenggang di pasar.

Melalui laman blog resmi Mozilla, Beard mengungkapkan rasa bangga telah menjadi bagian dari keluarga Mozilla selama 15 tahun terakhir. Sebelum resmi hengkang, dia dan tim telah melakukan beberapa inisiatif seperti merubah kebijakan privasi Mozilla.

“Saat saya pertama kali menjabat CEO Mozilla lima tahun yang lalu, itu adalah masa yang sangat kacau dalam sejarah kami dan saya sangat bangga dengan semua yang telah dicapai tim kami selama bertahun-tahun,” tulis Beard.

Lebih lanjut Beard mengatakan alasan dirinya memutuskan untuk hengkang dari perusahaan karena dia menilai Mozilla saat ini telah berada di kondisi yang lebih baik sehingga Beard merasa perusahaan perlu merekrut CEO baru.

“Dengan latar belakang itulah saya membuat keputusan bahwa inilah saatnya bagi saya untuk mengambil langkah mundur. Ini adalah waktu yang tepat untuk merekrut CEO berikutnya dan saya memutuskan untuk mengambil istirahat sambil mempertimbangkan apa yang harus saya lakukan ke depan,” terangnya.

Beard menambahkan bahwa dia dan Dewan Direksi Mozilla Mitchell Baker saat ini sedang mencari kandidat potensial untuk menjadi CEO Mozilla berikutnya. Namun, jika keduanya belum berhasil mendapatkan pengganti Bread maka Baker bakal diangkat sebagai CEO yang baru. (C-0033/age)***