JAMBORE SASTRA 2019 Untuk Meningkatkan Apresiasi Sastra

25

Jambore Sastra merupakan wahana tegur-sapa komunitas sastra Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang dilakukan sejak tahun 2006. Komunitas sastra yang hadir dalam Jambore Sastra terdiri dari komunitas-komunitas binaan atau utusan balai/kantor bahasa se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Jambore Sastra menjadi ajang para peminat sastra, khususnya remaja untuk saling mengapresiasi karya sastra dalam bentuk pemanggungan sastra. Pada tahun 2019, Jambore Sastra  di selenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Barat  dengan mementaskan pertunjukan drama pendek. Pementasan  dilaksanakan di Gedung Teater Tertutup Taman Budaya oleh UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat di Jalan Bukit Dago Selatan Bandung, pada tanggal 28—29 Agustus 2019.

Kegiatan Jambore Sastra bertujuan, untuk meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa dan sastra Indonesia, meningkatkan wawasan, pengetahuan dan pengalaman bahasa, sastra, dan budaya bagi peserta, menyediakan ruang dan tempat melakukakn pentas sastra bersama dan untuk meningkatkan apresiasi sastra dalam rangka membangun sinergi dan upaya pembinaan sastra yang lebih berkualitas pada tiap-tiap balai/kantor bahasa.

Juri kegiatan Jambore Sastra adalah pakar pertunjukan drama/teater yang ada di Jawa Barat, antara lain Iman Soleh (pimpinan komunitas Celah-Celah Langit, dosen teater di ISBI), Ahda Imran (sastrawan), dan Ayi Kurnia Iskandar (aktor, sutradara, penggiat seni komunitas Sukma Sarakan di Wanayasa Kab. Purwakarta

Peserta Jambore Sastra 2019 adalah anggota tetap Jambore Sastra, yaitu Kantor Bahasa Banten, Balai Bahasa Jawa Barat, Balai Bahasa Jawa Tengah, Balai Bahasa DIY, Balai Bahasa Jawa Timur, Balai Bahasa Bali, Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat  dan Kantor Bahasa Nusa Tenggara Timur  serta Balai Bahasa Riau, Kantor Bahasa Kalimantan Timur, dan Kantor Bahasa Bangka-Belitung sebagai peserta peninjau Jambore Sastra 2019.

Panitia akan memberikan penghargaan dalam kategori sebagai berikut :

  1. Pemeran utama putra terbaik
  2. Pemeran utama putri terbaik
  3. Sutradara terbaik
  4. Musik/ilustrasi terbaik
  5. Artistik terbaik
  6. Pemeran pendukung putra terbaik pemeran pendukung putri terbaik dan penampilan tim terbaik
  7. Cerita/naskah terbaik . (E-001) ***