Menikmati Sensasi Nasi Sumsum Kuliner Khas Banten

13

Berbicara mengenai nasi, hampir di seluruh nusantara mengenal penganan ini sebagai makanan pokok.Cukup banyak kuliner berbahan dasar nasi ,salah satunya kuliner berbahan dasar nasi dari wilayah Banten , yakni nasi sumsum. Citarasa dari masakan ini  gurih, membuat nafsu makan meningkat . Awal mula nasi bakar sumsum menjadi makanan khas di Serang dimulai pada tahun 1941. Saat itu tukang potong hewan yang bekerja di daerah Serang, melihat sisa-sisa tulang yang mubazir  dibiarkan. Tulang itu pun dibawanya pulang. Oleh tukang potong hewan , tulang itu dipecah-pecah untuk memudahkan penjualan. Pada bagian dalam tulang terdapat sumsum yang tidak terpakai dan dibuang oleh si tukang potong hewan tersebut , namun kemudian susum itu dimanfaatkan oleh sang istri. Ia mempunyai ide untuk menggunakan sumsum tersebut untuk dicampur ke dalam nasi lalu dibakar.Nasi yang telah dicampur sumsum kemudian dibakar dan menjadi sajian makanan sehari-hari. Kebiasaan ini pun terdengar oleh para tetangga yang tertarik untuk mencicipinya.

Nasi sumsum khas Banten dibuat dari  nasi yang telah matang selanjutnya diaduk dengan tambahan bahan rempah. Apabila proses pengadukan bahan  selesai terakhir menambahkan sumsum dan membungkusnya dengan menggunakan daun pisang.Baru proses pematangan selanjutnya dengan membakar nasi sampai matang dan keluar aroma khas. Pemilihan sumsum kerbau ada alasannya tersendiri. Tekstur dari sumsum kerbau lebih padat dan jika dimasak tidak akan menyusut seperti halnya sumsung tulang sapi atau kambing. Alasan lain mengapa tidak menggunakan sumsum tulang sapi  lantaran lama-kelamaan mencair dan keluar dari campuran nasi sehingga rasanya jadi  hambar.

Nasi sumsum disajikan dengan irisan mentimun, tomat, dilengkapi dengan sambal kacang.Dahulu, salah satu penjual nasi sumsum bakar legendaris di Kota Serang adalah  Mang Puri. Mang Puri telah membuka warung resep warisan keluarganya sejak tahun 1941. Mang Puri berjualan di Jalan TB Buang, Pasar Lama, Kota Serang.Saat ini, penerus resep Mang Puri , yaitu  Dedi yang dahulu bekerja di Mang Puri. Dedi meneruskan resep dari keluarga leluhur Mang Puri dan menjadi pemegang resep rahasia generasi ketiga setelah keluarga Mang Puri berhenti berjualan.Nasi Bakar Puri merupakan bagian sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari kuliner khas Kota Serang. Rasanya yang gurih dan lezat membuat lidah seperti dimanjakan dengan rasa khas nasi bakar sumsum. Nasi sumsum ini menyerupai nasi bakar pada umumnya. Proses pemasakannya juga  dibakar untuk mengeluarkan aroma sedap, yang berbeda jika pada nasi bakar biasanya memiliki isi daging ayam, teri, atau jamur,pada nasi sumsum jelas isinya sumsum tulang kerbau.

Selain lezat, nasi sumsum ini menyimpan banyak khasiat, mulai dari meningkatkan kekebalan serta daya tahan tubuh, mempercepat proses penyembuhan patah tulang serta meningkatkan fungsi otak serta  intelensia pada anak-anak dan manfaat lainnya. Nasi sumsum khas Banten  terbuat dari bahan-bahan yang kaya akan gizi. (E-001) ***