Tebing Cibatu Garut Menantang Adrenalin Pemanjat

73

            Tebing Cibatu Garut merupakan sebuah lokasi panjat tebing yang belum begitu lama dikenal.Untuk mencapai lokasi tebing,dibutuhkan perjalanan lumayan panjang,dari pusat Kota Garut jaraknya sekitar 60 kilometer.Ada moda transportasi umum yang bisa kesana,yaitu elf  jurusan terminal Guntur Garut menuju  Toblong dan Singajaya , lama perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam,biasanya elf ini baru berangkat kalau penumpangnya sudah penuh.Bila menggunakan elf kita berhenti di pasar Banjarwangi,dari sini perjalanan dilanjutkan dengan ojeg hingga sampai tebing Cibatu.Apabila menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung ke lokasi tebing namun perlu diperhatikan kondisi kendaraan yang kita pakai,karena kontur jalan cukup menantang dengan perpaduan kelokan – kelokan tajam serta tanjakan dan turunan.Selain itu tipikal jalan raya di selatan Jawa Barat tidak begitu lebar,sehingga saat berpapasan dengan kendaraan lain kita harus berhati hati.

        

Sesampainya lokasi terasering lahan persawahan sangat memanjakan mata,loksi tebing tidak begitu jauh dari persawahan ini, bahkan menjulangnya tebing sudah kelihatan dari sini. Topografi tebing Cibatu berupa batuan andesit dengan persebaran cukup merata, ada kurang lebih 100 meter kawasan batuan yang bisa dipanjat.Adapun tinggi tebing ini sangat variatif mulai dari ketinggian 10 meter hingga yang tertinggi sekitar 30 meter. Untuk karakteristik kesulitan pemanjatan cukup beragam pula,mulai dari tingkat kesulitan rendah hingga cukup sulit. Meskipun relatif baru dibuka namun keeksotisan kawasan tebing Cibatu mulai menggoda para penggiat panjat tebing alam untuk mengunjunginya. Saat ini pengelolaan tebing masih dilakukan oleh para pemuda Desa Bojong, Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut.

 

Untuk fasilitas bagi para pemanjat dari luar daerah masih belum tersedia,biasanya para pemanjat menginap di seputaran tebing menggunakan tenda.Namun ada beberapa warga yang rumahnya bisa disewa untuk para pemanjat ini serta home stay sederhana yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi,untuk tarif sewa  cukup terjangkau.Mengingat aktivitas memanjat tebing alam cukup beresiko tinggi,sekolah panjat tebing Merah Putih tergerak untuk mengadakan kegiatan sekolah panjat tebing tingkat dasar pada tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2019.Materi yang diberikan ialah panjat tebing tingkat dasar serta pengantar vertical rescue.Materi – materi ini sangat dibutuhkan oleh para pemuda setempat,terlebih kawasan tebing Cibatu hendak dikembangkan sebagai wisata minat khusus panjat tebing.

Dengan dikuasainya materi dasar , para pemuda Desa Bojong diharapkanbisa menjadi pemandu untuk para pelancong yang akan memanjat di tebing .Sebagaimana diketahui tidak semua pemanjat yang datang memiliki kemampuan untuk memanjat tebing.Dalam sekolah panjat tebing Merah Putih teknik dasar memanjat tebing serta prosedur keselamatan dalam aktivitas panjat tebing alam diajarkan oleh instruktur profesional.Selain itu mereka dibekali pula dengan pengantar vertical rescue yang mutlak harus dikuasi oleh para pemanjat tebing alam.Hal ini  sangat berguna dalam penanganan korban di medan ketiggian. (E-001) ***