Indonesia Kejar Target Dua Juta  Produksi Motor Listrik Pada 2025

12

Pemerintah  menargetkan populasi motor listrik mencapai 2 juta unit pada tahun 2025. Jumlah tersebut merupakan 20 % dari total produksi roda dua di Indonesia yang akan menyentuh angka 10 juta unit.

“Saat ini, pertumbuhan produksinya terus meningkat. Pada 2018 sebesar 7 juta unit. Peningkatan produksi tersebut tidak hanya untuk memenuhi pasar dalam negeri melainkan untuk memenuhi target ekspor 1 juta kendaraan pada tahun 2025,” ungkap Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis Bandung.

Menperin menegaskan, industri sepeda motor merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis dan mendapat prioritas pengembangan. Hal ini, karena industri sepeda motor memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Di tengah perlambatan pasar sepeda motor global, industri sepeda motor nasional justru mengalami peningkatan dengan mengalami pertumbuhan sebesar 14 % pada semester pertama 2019,” ujarnya.

Sementara itu, ekspor sepeda motor dari Indonesia  tumbuh pesat pada 2018 dengan tingkat pertumbuhan mencapai 44,3 % dibandingkan tahun sebelumnya.

“Angka tersebut menunjukkan bahwa industri sepeda motor Indonesia telah mencapai daya saing yang cukup baik untuk pasar lokal maupun global. Kami percaya bahwa produksi dan ekspor sepeda motor akan terus tumbuh pada tahun-tahun mendatang,” imbuhnya. (E-002)***