Paripuna Perdana DPRD Jabar Susun Rancangan Tatib

8

BISNIS BANDUNG– Rapat  paripurna  perdana   DPRD  Provinsi Jawa Barat periode  2019-2024 mengagendakan Pembentukan Tim Penyusun Rancangan Tata Tertib DPRD yang dipandu  oleh  pimpinan sementara DPRD  Jabar,  KH Tetep Abdulatip.

Hal  tersebut  sesuai dengan tugas pokok pimpinan sementara yaitu menyusun rancangan tata tertib DPRD dengan tim penyusun tatib berjumlah 21 anggota terdiri dari perwakilan partai politik di DPRD Jabar , mulai bekerja pada 5 hingga 16 September 2019.

Pada rapat  paripurna petama di Gedung DPRD Jabar, Kamis pekan  lalu itu KH Tetep mengatakan,  hasil dari tim penyusun tatib selanjutnya akan menjadi acuan bagi panitia khusus yang akan terbentuk setelah ketua definitif ditentukan.

Ia berharap penyusunan tata tertib tersebut dapat segera tuntas dan diparipurnakan yang kemudian di bahas oleh pansus.

Menurut  wakil tetua pimpinn sementara  DPRD Jabar itu  pada  periode dewan sebelumnya, rancangan Tatib dibuat oleh sekretarit DPRD selanjutnya dibahas oleh Pansus Tatib.

Namun,  kini diubah  rancangan tidak  disiapkan oleh Setwan tetapi dibahas oleh Tim yang semua keanggotanya adalah anggota dewan dari 10 Parpol yang memiliki anggota di DPRD Jabar ini.

Tia Fitriani selaku Ketua Tim Rancangan Tatib DPRD Jabar mengutarkan akan mengoptimalkan  waktu bekerja sampai 16 September nanti  serta   akan mengakomundir semua saran dan masukan dari perwakilan 10 Parpol Termasuk juga soal penguatan Tupoksi anggota dewan, tingkat kehadiran anggota dewan terutama pada saat sidang paripurna, meningkatkan peran badan kehormatan, pakaian seragam dinas anggota dewan dan lainnya.  Soal  substansi  Tatib  akan mengadopsi dari Tatib DPRD Jabar sebelumnya yang dinilai masih relevan. (B-002)***