Sandardisasi Jalan Provinsi di Jabar Segera Dilakukan

13

BISNIS  BANDUNG-  Upaya standardisasi  jalan-jalan provinsi di seluruh kabupaten/kota  di Jawa Barat yang akan dilakukan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR)  mendapat  respons  positif  DPRD  Jawa barat.

Standardisasi lebar jalan provinsi  sangat  dibutuhkan agar bisa dilalui oleh kendaraan yang  berpapasan.  Saat ini, berdasarkan data Dinas BMPR Jabar, dari sepanjang 2.360 kilometer,  hampir 75 persennya  belum sesuai dengan standar yaitu 7 meter yang panjangnya mencapai 1.777 kilometer.  Bahkan  ada  yang 4 meter dan  5 meter.

Anggota DPRD Jabar,  H.Daddy Rohanady dari Fraksi Partai Gerinda  kepada wartawan bisa mamahami  jika banyak  jalan provinsi belum  sesuau kebutuhan standardisasi, karena banyak ruas jalan  merupakan “kenaikan kelas”. Yaitu semua jalan  kabupaten/kota   dinaikkan  statusnya menjadi jalan provinsi.

“DPRD  akan  mendukung karena pekerjaan   merupakan  tupoksi Dinas BMPR.  Kami  butuh informasi yang lengkap terkait semua data dan perencanaan pembangunan tersebut secara menyeluruh, ”  kata Daddy  ketika ditemui  di  Gedung DPRD Jabar, pekan lalu.

Ia menyebutkan, pihaknya harus tahu bahwa pekerjaan  itu dilakukan secara gradual, selesainya  kapan dan butuh biaya berapa.

“Saya rasa DPRD Provinsi Jabar periode 2019-2024 akan mendukung, jika  programnya  jelas dan terukur. Karena itu sampaikan pula tahapannya kepada dewan,”  ujarnya merespons  Kadis BMPR yang  ingin menstandardisasi  jalan provinsi menjadi lebar  tujuh  meter.

Daddy menambahkan, sebagai provinsi yang  sering meraih  juara perencanaan  tingkat nasional, dan  delapan  kali mendapat WTP dari BPK RI, mestinya perencanaan pembangunan Jabar ke depannya jauh lebih baik lagi.(B-002)***