Polda Jabar Sita Ratusan Ribu Produk Kosmetik Kadaluarsa

10

Jabar, sita ratusan ribu produk kosmetik kadaluarsa dari salah seorang tersangka warga Kabupaten Bandung. Untuk mengelabui konsumen, pelaku merubah label kadaluarsa dengan menghapus dan menggunting label kadaluarsa yang menempel pada produk tersebut.

Inilah ratusan ribu produk kosmetik kadaluarsa, yang diamankan petugas derektorat reserse kriminal khusus polda jabardari salah seorang tersangka berinisial D-S, warga asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Barang tersebut disita petugas dari sebuah ruko dan gudang milik tersangka, dikawasan ciparay, Kabupaten Bandung.

Untuk mengelabui calon konsumennya, pelaku merubah label kadaluarsa, dengan cara menghapus dan menggunting barcode pada produk tersebut,dan menggantinya dengan label palsu.

Usaha yang dijalankan tersangka tersebut, sudah berjalan hampir tiga tahun. Tersangka menjual produk tersebut dengan harga murah yang diedarkan di sejumlah lokasi keramaian masyarakat di wilayah Kabupaten Bandung. Dalam sehari, tersangka bisa meraup penghasilan hingga puluhan juta rupiah.

Kepada petugas, tersangka D-S mengaku, ia mendapatkan produk tersebut dari bogor yang dipasok dua orang kenalannya yang hingga kini masih dikejar polisi.

Ratusan ribu produk kosmetik tersebut, terdiri dari lipstik, bedak, alat mandi dan produk kecantikan lainnya yang sudah tidak layak diedarkan dan dikonsumsi masyarakat, karena dapat berbahaya bagi kesehatan.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kini tersangka terpaksa harus mendekam di sel tahanan Mapolda Jabar. tersangka, dijerat pasal berlapis tentang perlindungan konsumen, dengan ancaman maksimal lima tahun hukuman penjara.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv,